DAHSYAT, Ternyata Begini Cara Mengatasi Teter dan Bubuk Kayu

Hampir di setiap rumah pasti menggunakan kayu sebagai kebutuhan bangunan maupun interiornya. Mulai dari furniture sampai perabotan, banyak yang menggunakan kayu sebagai bahan dasarnya. Ketertarikan manusia dengan furniture kayu, membuat barang ini banyak diminati. Namun disisi lain, kayu yang notabene berasal dari alam, tentu akan mengalami masa pelapukan setelah sekian lama digunakan. Satu masalah lagi adalah hama yang mejadikan kayu sebagai tempat tinggalnya ataupun sekedar merusak. Biasanya yang merusak furniture berbahan kayu adalah kumbang teter, atau kumbang bubuk.

Tentunya, akibat dari serangan hama ini berakibat buruk bagi setiap pemilik furniture bermaterial kayu. Apabila dibiarkan dalam jangkau yang lama, akan berdampak pada kerusakan barang-barang kesayangan Anda. Oleh sebab itu, kami akan memberikan cara mengatasi teter dan bubuk kayu dan cara membasmi bubuk kayu.

Bahan dasar kayu, seringkali digunakan sarang bagi hama teter sebagai tempat bertelurnya. Telur teter berkembang menjadi larva yang kemudian akan menggerogoti kayu sehingga berdampak pada kerusakan struktural perabotan kayu Anda. Sehingga pada akhirnya larva menjadi kumbang yang menyisakan lubang-lubang kecil yang digunakan sebagai tempat keluar masuk kumbang untuk siklus perkembangbiakannya.
cara mengatasi teter dan bubuk kayu
foto:thedom.by
Jenis Hama Perusak Kayu
Kerusakan yang ditimbulkan sangat berpotensi terhadap kayu yang kondisinya lembab dan dekat dengan posisi tanah. Bagi Anda yang tidak faham mengenai cara mengusir kumbang pemakan kayu, maka dalam jangka panjang Anda akan mendapati furniture dalam keadaan rusak. Para peneliti telah mengidentifikasi jenis teter perusak kayu ini. Kerugian yang ditimbulkan sangat serius, terutama bagi kalangan pengusaha furniture yang menggunakan kayu sebagai bahan utamanya. Ada beberapa jenis hama perusak kayu, diantaranya adalah sebagai berikut:

-    Kumbang bubuk kayu (powderpost beetle)
Kumbang jenis ini memiliki ciri-ciri warna coklat semu kemerahan dengan diameter sekitar 5 mm. Untuk kumbang jenis ini seringkali merusak kayu jenis padat dan keras dengan merusak substrat kering dari kayu tersebut dalam kurun waktu 1 tahun kemudian menjadi kotoran dengan bentuk bubuk kecil yang halus. Cara membasmi kumbang pengebor kayu jenis ini adalah dengan menggunakan lapisan zat kimia arsenic dan meletakkan furniture di tempat yang kering.

-    Kumbang Anobiidae
Jenis kumbang ini adalah yang paling banyak menyisakan kerusakan kepada furniture kayu dibandingkan dengan jenis kumbang lainya. Kumbang jenis ini banyak merusak pada bagian kayu yang berada dalam kondisi lembab dan kayu dengan tekstur yang tidak terlalu keras. Bagi Anda yang berada di tempat yang lembab, sebaiknya meletakkan furniture ataupun perabotan kayu di tempat yang kering dan jauh dan menjauhkan perabotan dari posisi tanah.

-    Kumbang Bubuk Palsu atau False Powderpost beetle
Jenis kumbang ini tidak hanya Anda temukan di kayu, namun juga di aluminium. Hama perusak ini meninggalkan kotoran yang lebih kasar dibandingkan dengan jenis kumbang bubuk kayu lainnya sama dengan ukuran lubang yang dibuat oleh kumban jenis ini juga lebih besar.

Dari ketiga jenis kumbang perusak kayu di atas, Anda sebaiknya harus mengerti bagaimana caranya agar kayu tidak dimakan teter. Sebelum terjadi perusakan oleh hama kayu, sebaiknya Anda melakukan pencegahan. Anda dapat menggunakan obat pembasmi hama bubuk kayu yang dijual di toko obat pertanian dengan mencampurkan bahan pelapis furniture kesayangan Anda.

Cara Membasmu Kumbang Bubuk pada Kayu

Cara membasmi kumbang bubuk pada kayu adalah dengan menggunakan obat hama yaitu insektisida yang digunakan khusus untuk membasmi serangga bubuk kayu. Kami berikan tips jitu untuk mengatasi hama perusak kayu:

1.    Anda perlu menyiapkan obat khusus yang digunakan untuk membasmi serangga ataupun hama kayu yaitu serbuk anti serangga kayu CA Dust. Anda dapat membelinya di toko obat pertanian. Penggunaan serbuk ini yaitu, Anda cukup menaburkan pada lubang yang sudah digerogoti oleh hama kayu. Jika salah satu kumbang terkena serbuk ini, maka selanjutnya ia akan menyebarkannya ke tempat atau lubang lain sehingga serbuk akan tersebar dan setiap kumbang yang terkena serbuk ini akan mati.

2.    Penggunaan pembasmi hama jenis latrex 400 EC
Obat ini berbentuk cair, sehingga Anda perlu menyemprotkan cairan obat pembasmi hama ini ke dalam lubang yang sudah dibuat oleh teter kayu. Semprotkan merata kepada setiap lobang yang dihasilkan kumbang pemakan kayu. Sehingga, kumbang akan keluar dan mati beserta larva dari kumbang tersebut.

3.    Menggunakan obat anti teter insecticide
Obat ini juga berbentuk cairan, penggunaanya apabila furniture Anda belum di cat, Anda dapat melarutkannya ke dalam air kemudian Anda dapat mengoleskan, atau menyemprotkan pada permukaan kayu sebelum melakukan prose pengecatan.

Beberapa jenis obat pembasmi tersebut dapat digunakan untuk membasmi hama kayu. Namun jika furniture anda sudah terlanjur dirusak hama, Anda tidak akan tahu seberapa dalam hama kumbang teter menggerogoti bagian kayu. Sebaiknya Anda melakukan pencegahan lebih awal. Langkah pencegahan dalam dilakukan dengan cara merendam kayu kelarutan obat tersebut. Langkah ini lebih efektif apabila dibandingkan dengan menyemprotkan ataupun mengoleskan kebagian kayu.

Cara Mengatasi Bubuk pada Lemari Kayu

Penyedia obat kutu bubuk kayu dapat Anda dapatkan di toko obat pertanian dengan beberapa varian dan harga yang sangat terjangkau. Terutama untuk beberapa penyedia obat yang menanggulangi hama, khususnya hama kayu. Apabila Anda tidak menemukan di toko obat, hal yang perlu Anda lakukan adalah membuat racikan sendiri dengan membelinya di toko farmasi. Cara mengatasi bubuk pada lemari kayu akan kami terangkan di bawah ini

Cara mengatasi teter dan bubuk kayu dengan cara merendam ini biasanya juga dilakukan terutama pada material kayu yang diproduksi oleh perusaahaan furniture sebelum mengolah dan memasarkan beberapa produk yang akan mereka jual. Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak ada obat yang mampu membunuh telur kumbang ataupun teter kayu. Melainkan hanya mampu mencegah dari larva ataupun kumbang yang masih hidup. Hal demikian, dikarenakan sampai saat ini belum ada zat kimia yang mampu meresap kedalam cangkang telur sampai menguap.

Anda dapat mensiasati dengan cara menyemprotkan obat pembunuh teter, tepat pada saat telur sedang menetas. Dengan demikian, Anda dapat langsung membunuh anakan larva yang baru menetas. Untuk lebih lengkapnya silahkan Anda lakukan berdasarkan kebutuhan. Alat pembasmi teter dapat anda beli di toko perlengkapan obat pertanian dengan harga terjangkau. Selain itu Anda dapat juga membelinya dengan cara online kepada para penjual obat pertandingan. Bagi Anda yang memiliki masalah teter dibagian atap rumah, Anda sebaiknya menggunakan pelindung mata.

Peralatan pembasmi teter cukup dengan menggunakan penyemprot ataupun kuas dan sarung pelindung tangan. Usahakan mencuci tangan setelah menggunakan obat pembunuh teter. Demikian cara engatasi teter dan bubuk kayu yang bisa Anda lakukan di rumah. Memang perlu kesabaran dalam mengatasi hama pada kayu. Pastikan Anda menyemprotkan cairan secara rutin agar teter mati setelah menetas.

Post a Comment for "DAHSYAT, Ternyata Begini Cara Mengatasi Teter dan Bubuk Kayu"