Cara Menata Rumah Agar Rapi dan Tampak Selalu Bersih

Rumah bukan hanya sekedar tempat Anda berteduh dari panasnya terik matahari dan dinginnya hujan. Rumah juga merupakan tempat di mana Anda melakukan berbagai aktivitas bersama keluarga ataupun kerabat terdekat. Mulai dari makan, menonton televisi, membaca buku, mencuci, atau sekedar bersantai bersama keluarga merupakan aktivitas di rumah yang jarang bisa dilakukan di tempat manapun. Karenanya, rumah yang nyaman dan tertata rapi menjadi dambaan setiap penghuni rumah. Oleh karenanya, Anda harus paham cara menata rumah agar rapi dan membuat setiap penghuninya betah berada di rumah.
cara menata rumah agar rapi
foto:dekoruma.com
Tips Agar Rumah Selalu Selalu Rapi Dan Bersih

Menciptakan suasana rapi dan nyaman di rumah bukan hanya dinilai dari seberapa mahal dan seberapa banyak furnitur yang Anda miliki, melainkan bisa disiasati dengan melakukan beberapa tips agar rumah selalu selalu rapi dan bersih berikut ini:

1.    Pemilihan model pintu dan jendela
Pintu rumah utama dan jendelanya merupakan bagian paling utama dari rumah yang kerapkali menciptakan kesan pertama. Untuk mendapatkan kesan rumah yang rapi, pilihlah jenis pintu yang tidak terlalu banyak model. Misalnya Anda ingin menggunakan model ukiran jawa, Anda bisa memilih warna yang lebih terang.

Selain pintu, jendela utama juga harus diperhatikan. Kadang model jendela yang terlalu rumit justru akan membuat debu semakin banyak hinggap dan lambat laun akan membuat jendela menjadi kusam jika tidak sering dibersihkan. Utamakan untuk memilih jendela dengan model sederhana.

2.    Mengurangi sekat di dalam rumah
Berikutnya adalah dengan menghindari sekat yang terlalu banyak, terutama bagi Anda yang memiliki rumah yang tidak terlalu luas. Mengurangi sekat di dalam rumah bisa menjadi salah saru cara menata rumah kecil agar terlihat luas. Dengan mengurangi jumlah sekat, rumah terasa lebih lega dan rapi. Pandangan mata bisa luas memandang.

3.    Pemilihan cat
Anda yang memiliki anak kecil tentu akan sedikit repot mengatasi anak yang gemar corat-coret tembok. Jika dilarang, takut membatasi kreativitas anak, sedangkan jika tidak dilarang tembok akan terlihat sangat kotor dan tentu membuat rumah terlihat tidak rapi. Untuk mensiasati hal ini, Anda bisa memilih cat tambok waterproof pada setiap tembok rumah Anda.

Tak hanya itu, cat tembok waterproof juga bisa melindungi dinding rumah Anda dari hujan dan air. Pemilihan cat ini akan membantu dinding Anda agar terhindar dari lembab, jamur, atau krayon anak yang membuat dinding kotor.

4.    Pemilihan wallpaper
Jika tidak ingin dinding Anda polos begitu saja, Anda bisa memasangkan wallpaper dengan corak sederhana yang membuat rumah Anda lebih terkesan rapi. Pemasangan wallpaper juga merupakan salah satu tips menata rumah mungil agar nyaman dan lebih hidup. Selain itu, penggunaan wallpaper juga akan membuat tampilan ruangan lebih cantik, lebih tertata, dan sebagai perlindungan terhadap air.

5.    Penataan furnitur

Penataan furnitur betul-betul perlu diperhatikan. Sebab, jika penataannya asal hanya akan membuat rumah Anda jusrtru terlihat berantakan. Menata furnitur yang sesuai, mulai dari pemilihan model, warna, tata letak, dan sebagainya, juga bisa menjadi salah satu cara menata rumah minimalis agar tampak lebih luas.

Pada ruang tamu, misalnya, pilihlah model sofa yang agak kecil dengan meha yang memanjang dan agak rendah yang diletakkan di tengah. Cara menata barang di rumah sempit dengan menghindari penataan kursi yang yang terlalu banyak pada ruang tamu.

6.    Pemanfaatan ruang kosong
Memanfaatkan ruang kosong di area sekitar rumah, misalnya area bawah tangga, bisa jadi salah satu cara merapikan rumah berantakan. Barang-barang yang berserakan dan jarang digunakan bisa Anda masukkan ke dalamnya. Tentu cara ini akan membuat rumah lebih rapi dan membuat nyaman.

Cara ini termasuk cara menata rumah sederhana yang seringkali diterapkan banyak. Karena cara ini cukup mudah dan sederhana untuk dilakukan. Namun, bukan berarti barang di dalam ruang sisa bawah tangga tidak Anda tata rapi. Meski tidak terlihat, barang-barang harus tetap ditata rapi.

Cara ini juga bisa menjadi salah satu cara menata rumah kontrakan yang biasanya bentuknya sudah tidak bisa diubah-ubah.

Post a Comment for "Cara Menata Rumah Agar Rapi dan Tampak Selalu Bersih"