Memilih Lemari Khusus Pakaian Gantung untuk Ruang Kamar Sempit

Lemari pakaian merupakan salah satu furnitur fungsional yang keberadaannya sangat penting di ruang kamar. Namun, seringkali luas ruangan menjadi kendala penempatan lemari pakaian. Sebetulnya lemari pakaian bisa saja tak menjadi kendala jika Anda mengakalinya dengan memilih lemari khusus pakaian gantung yang dapat disesuaikan dengan luas kamar Anda.
Lemari Khusus Pakaian Gantung
foto:desaincantik.com

Tips Memilih Lemari Khusus Pakaian Gantung

Lantas, bagaimana sebaiknya memilih lemari pakaian gantung yang sesuai dengan kamar tipe sempit? Yuk, ketahui tips di bawah ini agar Anda bisa mendapatkan jenis lemari gantung yang pas!

1.    Ukur terlebih dahulu luas lahan kamar yang tersedia

Fungsi ruang kamar yang paling utama adalah untuk tempat beristirahat, karenanya utamakan ruang kamar yang sempit untuk menempatkan tempat tidur. Kemudian, barulah ukur seberapa luas ruang kosong di kamar Anda yang bisa digunakan untuk menempatkan lemari baju gantung.
Untuk hal ini, tentu pertimbangkan pula jumlah baju Anda. Jika baju Anda melebihi kapasitas untuk penempatan lemari pakaian gantung, ada baiknya seleksi kembali mana yang bisa ditempatkan di lemari pakaian gantung di dalam kamar. Sisanya bisa Anda tempatkan di ruangan tertutup di luar rumah.

2.    Pertimbangkan jumlah penghuni kamar

Jika dalam satu kamar dihuni oleh lebih dari satu orang, misal Anda tidur berdua atau bertiga, Anda tidak perlu membeli lemari hingga tiga buah. Gunakanlah lemari pakaian gantung dengan beberapa sekat untuk memisahkan antara baju penghuni yang satu dengan yang lainnya. Sekat-sekat pada lemati gantung baiknya gunakan bahan yang sangat kokoh untuk menghindari kerusakan karena keberatan pakaian yang digantung.

3.    Pemilihan desain lemari khusus pakaian gantung

Terdapat banyak macam lemari pakaian gantung yang bisa dipilih, seperti yang berbahan kaca, kayu, plastik, dan sebagainya. Namun, untuk ruang yang sempit baiknya tidak manggunakan lemari pakaian plastik, meskipun harga lemari pakaian plastik gantungan biasanya lebih rendah. Hal ini karena model lemari pakaian gantung plastik hanya akan membuat ruang kamar semakin terasa penuh.

Anda bisa memilih lemari baju gantung kaca atau kayu dengan desain lemari pakaian minimalis modern. Desain ini sangat cocok untuk diterapkan pada hunian yang tidak memiliki banyak ruang. Selain itu, desain lemari pakaian gantung minimalis modern ini juga akan membuat ruang kamar lebih estetik dan terkesan rapi.

Soal harga, harga lemari pakaian minimalis modern juga umumnya lebih rendah dibandingkan dengan harga lemari pakaian kayu dengan model ukiran yang penuh.

4.    Pilih warna terang

Ruang kamar yang sempit akan terasa lebih luas hanya dengan selektif memilih warna furnitur. Warna lemari yang cenderung gelap akan membuat kamar semakin terasa sesak. Hal ini karena, pandangan dalam ruang kamar yang sempit terbatas. Namun, jika Anda memilih warna lemari pakaian gantung dengan warna-warna terang, justru akan membuat pandangan semakin luas dna jernih. Pemilihan warna-warna, seperti warna kayu muda atau putih, bisa jadi pilihan yang tepat.

5.    Gunakan lemari pakaian gantung dengan sliding door

Desain lemari pakaian untuk kamar sempit baiknya yang menggunakan pintu sliding. Penggunaan pintu sliding akan menghemat ruang kamar. Apalagi, desain lemari pakaian gantung dengan sliding door kini sudah cukup populer karena kesan elegan yang ditonjolkan, sederhana, namun tetap fungsional.

6.    Pastikan bahan penyangga kuat

Satu hal yang seharusnya paling penting menjadi perhatian lemari pakaian gantung adalah memastikan bahan penyangga atau pipa gantungan dibuat kuat. Sebab, jika pipa penggantung yang tidak dibuat sangat kuat bisa cepat mengalami kerusakan. Bisa-bisa pipa penyangga cepat roboh karena keberatan menahan beban baju-baju Anda yang jumlahnya tidak sebanding dengan kekuatan penyangga.

7.    Memanfaatkan lemari pakaian gantung yang rekat ke dinding

Anda juga bisa memilih lemari pakaian gantung tanpa penutup. Untuk desain ini, manfaatkan penyangga untuk gantungan di rekatkan ke dinding menggunakan paku bor. Desain ini sangat cocok bagi Anda yang plin-plan memilih baju atau yang memiliki mobilitas tinggi. Namun, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebersihan kamar, sebab lemari pakaian gantung tanpa tutup seperti ini rawan sekali terkena debu atau kotoran lainnya.

Dengan lemari pakaian gantung, kini kamar sempit Anda menjadi estetik dan fungsional.

Post a Comment for "Memilih Lemari Khusus Pakaian Gantung untuk Ruang Kamar Sempit"