Cara Membuat Meja Kompor dari Kayu yang Minimalis

Kompor merupakan perabotan penting di dapur. Kompor menjadi “nyawa” bagi dapur. Tanpa adanya kompor, bahan makanan yang masih mentah tidak bisa diolah. Sehingga, kebutuhan makan keluarga tidak bisa terpenuhi. Kompor tidak bisa diletakkan sembangan di dapur, apalagi jika kompor tersebut adalah kompor gas. Setidaknya, kompos gas harus diletakkan dalam radius satu meter dari tabung gas. Untuk menjauhkan kompor gas dari tabung gas, kompor gas bisa diletakkan di atas meja. Meja tersebut bisa dibuat dari keramik yang menyatu dengan pantry dapur. Namun, jika dapur tidak memiliki pantry, gunakan saja meja kayu yang bisa dibuat sendiri. Cara membuat meja kompor dari kayu sangatlah mudah karena bahan-bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat meja kompor gas sendiri bisa dibeli di toko material. Bahkan, jika dikalkulasikan, biaya yang dihabiskan untuk membuat meja kompor gas dari kayu sendiri lebih murah dari harga meja kompor kayu yang dijual di pasaran.
Cara Membuat Meja Kompor dari Kayu
foto:homeadore.com

Cara membuat meja kompor gas dari kayu sendiri dapat dimulai dengan menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat meja kompor gas sederhana adalah papan kayu atau papan tripleks secukupnya. Sedangkan, alat-alat yang harus disiapkan untuk membuat meja kompor kayu murah adalah paku, palu, gergaji, penggaris, dan pensil.
Setelah menyiapkan bahan dan alat, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat meja kompor kayu sederhana.

•    Buatlah sketsa meja
Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat meja penyangga kompor gas adalah membuat sketsa atau desain dari meja tersebut. Buatlah sketsa meja penyangga kompor secara kasar di atas kertas dengan bantuan pensil dan penggaris. Tidak perlu memperhitungkan ukuran atau skala meja pada sketsa meja yang pertama. Sketsa ini bertujuan untuk memberikan gambaran kasar seperti apa meja penyangga kompor yang akan dibuat.

Jika sketsa tersebut sudah selesai, maka lanjutkan proses pembuatan sketsa meja dengan menentukan dimensi dari meja penyangga kompor gas tersebut. Dimensi meja penyangga kompor harus diperhitungkan secara matang untuk menunjang kenyamanan pemakai kompor gas.

Tentukan panjang dan lebar meja penyangga kompor gas sesuai ukuran kompor gas. Lebihkan ukuran meja agar ada tempat untuk meletakkan peralatan yang digunakan selama memasak. Sedangkan, tinggi meja penyangga kompor gas bisa disesuaikan dengan tinggi badan pemakai kompor. Meja kompor gas yang terlalu rendah membuat pemakai kompor gas terlalu menunduk sehingga punggung akan terasa sakit. Sebaliknya, meja kompor gas yang terlalu tinggi membuat pemakai kompor gas harus mengangkat lengan terlalu tinggi sehingga tangan akan mudah lelah.

•    Tentukan jumlah kayu yang dibutuhkan
Langkah selanjutnya dalam membuat rak kompor gas kayu adalah menyiapkan kayu yang dibutuhkan. Jumlah kayu yang dibutuhkan bisa disesuaikan dengan ukuran meja yang akan dibuat. Namun, sediakan jumlah kayu yang berlebih untuk mengantisipasi jumlah kayu yang ternyata lebih atau ada kayu yang kualitasnya buruk.

•    Tentukan jenis kayu yang akan digunakan
Tahap pembuatan meja penyangga kompor gas yang selanjutnya adalah memilih jenis kayu yang akan digunakan untuk membuat meja. Tahap ini merupakan tahap yang penting karena jenis kayu yang dipilih menentukan kualitas meja penyangga kompor gas. Tidak ada salahnya berkonsultasi dengan tukang kayu yang sudah berpengalaman untuk memilih jenis kayu yang tepat untuk meja penyangga kompor gas.

Jika pembuat meja masih pemula, sebaiknya pilih kayu dengan tekstur yang lunak seperti kayu pinus. Sehingga, kayu akan mudah digergaji atau dipaku. Jika meja kompor gas akan diletakkan di luar ruangan, sebaiknya gunakan kayu yang sudah diolah seperti kayu Redwood. Namun, jika menginginkan meja kayu yang kokoh, pilihlah kayu poplar

•    Buatlah meja bagian atas
Meja siap dibuat jika seluruh bahan dan alat yang dibutuhkan sudah disiapkan. Bagian meja yang akan dibuat pertama adalah bagian atas meja. Bagian atas meja bisa dibuat dengan dua bahan, yaitu papan atau kayu lembaran. Masing-masing bahan tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan.
Papan memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan kayu lembaran. Sehingga, harga meja kompor gas sederhana dari papan lebih murah. Selain itu, papan mudah direkatkan dengan bantuan paku atau lem kayu. Papan bisa digunakan untuk pembuat meja yang masih pemula. Namun, papan tidak terlalu kokoh. Sehingga, rentan rapuh jika digunakan untuk menopang kompor gas yang memiliki dua tungku.

Kayu lembaran memang memiliki harga yang lebih mahal dari papan. Namun, harga meja kompor kayu sebanding dengan kualitasnya yang unggul. Meja penyangga kompor gas yang terbuat dari kayu lebih kokoh sehingga bisa menahan beban kompor gas yang memiliki dua tungku dan peralatan masak lain yang diletakkan di atas meja tersebut.

•    Buatlah meja bagian bawah
Bagian bawah meja merupakan bagian dengan bentuk persegi panjang yang letaknya di bawah permukaan meja serta ukurannya lebih kecil dari bagian atas meja. Bagian bawah meja berfungsi sebagai penopang kaki meja. Bagian bawah meja dilakukan dengan cara memasang empat potong kayu untuk membentuk persegi panjang di bawah permukaan meja. Rekatkan empat potong kayu tersebut dengan menggunakan lem kayu. Kemudian, untuk memperkuat bagian bawah meja, tambahkan sekrup atau paku.

•    Buatlah kaki meja
Kaki meja merupakan bagian yang penting bagi meja penyangga kompor gas. Kaki meja harus dibuat dengan kayu yang kokoh serta ukuran yang dihitung secara seksama. Cara membuat kaki meja penyangga kompor tergolong mudah. Potonglah empat batang kayu dengan ukuran yang sudah ditentukan. Kemudian, haluskan permukaan kaki meja dengan ampelas supaya permukaannya. Gunakan mesin penghalus kayu untuk hasil yang lebih sempurna.

Setelah itu, rekatkan semua kaki meja dengan bagian bawah meja. Cara perekatannya dimulai dengan merekatkan kaki meja dengan lem, lalu kencangkan dengan sekrup atau paku. Pastikan semua kaki meja terpasang dalam posisi yang simetris sehingga meja kayu penyangga kompor gas bisa berdiri dengan tegak.

•    Finishing
Finishing merupakan langkah terakhir dalam membuat meja penyangga kompor gas dari kayu. Langkah ini harus dilakukan untuk memastikan meja benar-benar sudah jadi dan siap digunakan. Finishing bisa dilakukan dengan membalik meja seperti posisi seharusnya. Goyangkan meja tersebut untuk memastikan kaki meja benar-benar kokoh dan tidak goyang. Kemudian, letakkan kompor gas di atas meja tersebut untuk memastikan meja bisa menyangga kompor gas dengan baik.

Cara membuat meja kompor dari kayu yang terakhir adalah dengan menghaluskan permukaan meja penyangga kompor kayu dengan mesin penghalus kayu sampai permukaannya benar-benar halus. Namun, jangan sampai mesin penghasil kayu menggerus permukaan meja hingga cekung. Setelah itu, lapisi permukaan meja dengan vernis agar permukaannya mengkilap. Vernis juga berfungsi menjaga pori-pori kayu tidak menyerap air. Sehingga, meja tidak mudah lapuk atau ditumbuhi jamur.

Post a Comment for "Cara Membuat Meja Kompor dari Kayu yang Minimalis"