Tips Membuat Lemari Gantung Dapur dari Kaca

Dapur merupakan salah satu ruang yang menjadi tempat banyak barang-barang. Mulai dari panci besar, penggorengan, pan, piring, gelas, pisau, dan lain sebagainya. Hal ini membuat dapur membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup banyak. Dapur biasanya memiliki kabinet atau ruang penyimpanan yang berada di atas dan di bawah. Agar ruangan terasa lebih lega lagi, Anda bisa mengaplikasikan lemari gantung dapur kaca pada ruang penyimpanan bagian atas.
lemari gantung dapur dari kaca
foto:rumahminimalismedia.com
Pertimbangan Membuat Lemari Gantung Dapur Minimalis

Sebelum membuat lemari gantung minimalis tersebut, ada beberapa hal yang patut menjadi perhatian. Mulai dari mempertimbangkan area luas dapur hingga bahan penunjangnya. Berikut ini perinciannya:

1.    Kalkulasi luas dapur
Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat lemari dapur minimalis modern gantung adalah dengan mengukur seberapa luas ruang dapur Anda. Barulah tentukan seberapa ukuran ketinggian yang pas untuk lemari gantung kaca yang ingin Anda aplikasikan. Jangan sampai letak tinggi dan ukurannya mengganggu kegiatan memasak Anda.

2.    Menentukan bahan dasar

Jika sudah memegang ukuran pasti emari dapur yang akna dibuat, langkah selanjutnya untuk membuat lemari dapur sederhana adalah menentukan bahan untuk pembuatannya. Lemari gantung kaca bisa dikombinasikan dengan beberapa bahan, seperti kayu dan alumunium.

Namun, yang mesti Anda pertimbangkan adalah kekuatan dari kedua bahan dasar ini. Lemari dapur kayu kombinasi kaca umumnya memang lebih bagus dan tahan lama. Lemari gantung bahan dasar kayu juga lebih kuat menahan beban yang cukup berat.

Sedangkan, lemari dapur kaca alumunium umumnya kurnag memilki kekuatan sekuat kayu solid. Apalagi jika digunakan untuk menempatkan barang-barang dengan bobot yang cukup berat. Model lemari dapur alumunium bisa dikatakan kurang tahan lama, meski harga lemari gantung alumunium umumnya lebih rendah dibandingkan dengan bahan kayu solid.

3.    Menentukan warna
Penentuan warna juga sangat perlu dijadikan pertimbangkan pada lemari gantung dapur kecil. Sebab, jika ruang dapur Anda tidak terlalu besar, Anda tidak bisa sembarangan tabrak warna untuk mengecat dindingnya. Jika ruang dapur cukup sempit, Anda bisa mengaplikasikan warna-warna lebih terang, seperti putih, cream, atau cokelat muda.

4.    Pembuatan sekat lemari gantung
Buatlah sekat dengan berbagai ukuran pada lemari gantung Anda. Sebab, ada beberapa perabot dapur yang memang butuh ruang penyimpanan besar, seperti panci, ada juga perabot dapur yang hanya membutuhkan ruang penyimpanan kecil, seperti gelas, piring, sendok, pisau, dan sebagainya. Jika semua sekat disamakan ukurannya, tentu ruang penyimpanan akan menjadi mubazir.
Karenanya, bagilah sekat dengan beragam ukuran. Bisa juga Anda menggunakan sekat fleksibel yang bisa dipindah-pindah sesuai dengan kebutuhan penyimpanan perabot Anda. Dengan membagi banyak sekat pada lemari gantung Anda, tentu saja akan menambah kerapian dari dapur minimalis Anda.

5.    Pertimbangan kebersihan lemari gantung
Lemari dapur gantung akan sangat mudah sekali kotor. Kotoran bisa datang dari cipratan minyak goreng pada saat Anda memasak, bisa juga dari asap minyak goreng yang mengumpul dan melengket yang menyebabkan lemari gantung menguning. Karena itulah, buat lemari gantung dapur kaca Anda menjadi mudah dibersihkan.

Cara yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan mengecat permukaan lemari gantung menggunakan cat mengkilat atau memberikan susunan bahan tambahan yang tahan terhadap kotoran semacam itu. Lemari dapur kaca juga menjadi pilihan yang sanat tepat karena sangat mudah untuk dibersihkan.

6.    Pencahayaan
Area di bawah lemari gantung merupakan tempat di mana banyak dilakukan aktivitas dapur, seperti memotong sayuran, membuat adonan, dan lain sebagainya. Untuk itu, Anda perlu menambahkan pencahayaan pada bagian bawah lemari dapur gantung agar lebih terang. Dengan begitu, aktivitas di dapur bisa menjadi lebih nyaman dan aman.

Memilih lemari gantung kaca juga dapat mempermudah Anda untuk mencari perabot rumah yang disimpan di lemari gantung. Sebaiknya gunakanlah kaca transparan daripada menggunakan kaca yang cenderung gelap.

Demikian beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mebuat lemari gantung kaca. Jangan sampai setelah membuat kabinet, Anda malah menyesal karena lemari gantung yang Anda buat justru membuat dapur terlihat berantakan, kotor, dan semakin sempit.

Post a Comment for "Tips Membuat Lemari Gantung Dapur dari Kaca"