Tips dan Trik Cara Merapikan Rumah Berantakan yang Efektif

Setiap orang tentu menginginkan hunian yang nyaman untuk ditinggali. Kerapihan menjadi faktor penting yang menentukan nyaman atau tidaknya rumah tinggal. Sebagus apapun rumah tinggal jika barang-barang di dalamnya tidak ditata dengan benar maka tampilan rumah akan terlihat berantakan dan kurang enak untuk dipandang. Lebih parah lagi, rumah yang berantakan juga bisa menghambat dan mengganggu kelancaran aktivitas sehari-hari. Maka dari itu diperlukan cara merapikan rumah berantakan yang efektif untuk menjaga rumah tetap rapi dan nyaman.
cara merapikan rumah berantakan yang efektif
foto:antoix.wordpress.com
Cara Membereskan Rumah Agar Rapi

Merapikan rumah biasanya menjadi tugas istri sebagai penanggung jawab segala masalah domestik rumah tangga. Istri yang cerdas harus mengerti cara membereskan rumah agar rapi dan juga bernilai estetis. Rumah yang rapi tentu akan menciptakan kenyamanan tersendiri bagi seluruh anggota keluarga yang tinggal di dalamnya. Rumah selalu berantakan biasanya menjadi problematika utama terlebih jika di rumah terdapat anak-anak yang masih aktif bergerak. Agar kegiatan beres-beres rumah semakin efektif berikut ini ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda coba :

-    Pilihlah barang-barang yang masih digunakan dan tidak digunakan


Kunci cara merapikan rumah sederhana khususnya yang ukurannya tidak terlalu besar adalah dengan menyingkirkan barang-barang yang sekiranya sudah tidak digunakan. Salah satu penyebab utama rumah berantakan adalah banyaknya barang yang ada di dalam rumah. Jumlah barang yang semakin lama makin bertambah membuat ruang untuk penyimpanannya semakin terbatas. Pilihlah barang yang benar-benar digunakan sehari-hari dan keluarkan barang yang tidak terpakai. Anda bisa menjual kembali barang tak terpakai milik Anda ataupun memberikannya pada orang lain.

-    Buat rak-rak atau tempat penyimpanan barang

Banyaknya barang yang berserakan tidak pada tempatnya menjadi salah satu penyebab lain dari rumah berantakan. Masalah ini bisa diatasi denga cara membersihkan rumah yang berantakan dengan menyimpan dan meletakkan barang-barang pada tempat-tempat yang telah disediakan. Kelompokkan tempat-tempat penyimpanan sesuai dengan jenis barang di dalamnya. Jika Anda menyimpan di dalam wadah tertutup maka sebaiknya beri keterangan di bagian luar perihal barang yang ada di dalamnya untuk memudahkan Anda jika suatu saat membutuhkan.

-    Rapikan bagian ruang tamu terlebih dahulu

Bagian dalam rumah yang paling terlihat apabila ada tamu datang berkunjung adalah ruang tamu. Oleh karena itu ruang ramu ini sebaiknya selalu dijaga kerapihannya untuk kenyamanan tamu yang berkunjung. Cara merapikan ruang tamu bisa dilakukan dengan rutin membersihkan ruang tamu dan segera singkirkan sampah atau kotoran lain yang ada di ruangan tersebut. Ruang tamu yang rapi tentu akan memberikan kesan yang baik tentang keseluruhan Anda di mata tamu.

-    Bersihkan piring-piring dan gelas kotor

Membersihkan peralatan makan yang kotor menjadi bagian penting dalam merapikan rumah sempit. Piring dan gelas kotor yang dibiarkan di meja akan membuat ruangan yang luasannya minimalis semakin terasa sempit dan penuh. Segera tumpuk dan bereskan semua peralatan makan untuk langsung dicuci dan dikembalikan ke rak penyimpanannya.

-    Rapikan kamar tidur secara rutin

Bagian kamar tidur menjadi salah satu yang paling mudah berantakan karena di ruangan ini aktivitas pribadi paling banyak dilakukan. Agar kamar tidur tetap rapi dan nyaman Anda harus membiasakan diri menerapkan cara merapikan kamar agar indah. Biasakan diri untuk langsung melipat selimut dan membereskan tempat tidur sesaat setelah Anda bangun. Biasakan pula untuk langsung mengembalikan barang-barang yang sudah dipergunakan ke tempatnya semula, seperti buku atau mainan. Anda juga sebaiknya memiliki tempat khusus untuk meletakkan baju-baju kotor agar tidak berserakan di kasur ataupun bagian kamar lainnya. Pasanglah gantungan baju untuk meletakkan jaket atau pakaian-pakaian bersih lainnya.

-    Bersihkan debu-debu yang menempel di perabotan secara rutin

Perabotan yang berdebu akan membuat kesan ruangan menjadi kurang rapi dan kusam. Debu-debu apabila tidak dibersihkan secara rutin akan terus menumpuk dan sulit untuk dibersihkan. Agar rumah terus terlihat rapi Anda perlu untuk membersihkan permukaan-permukaan perabot secara rutin menggunakan kain bersih yang lembab ataupun menggunakan cairan pembersih khusus.

Dalam merapikan rumah kumpulan tips tadi bisa Anda terapkan secara rutin. Membereskan rumah secara rutin dan menjaga kerapihannya setiap hari akan jauh lebih mudah daripada membereskan sekaligus ketika kondisinya sudah sangat berantakan.

Post a Comment for "Tips dan Trik Cara Merapikan Rumah Berantakan yang Efektif"