7 Langkah Membuat Rak Bumbu Dapur dari Kayu Bekas Pallet

Memiliki ruang dapur yang luas tentu saja merupakan harapan banyak orang. Sayangnya, kini cukup sulit menemukan rumah yang luas untuk membuat setiap ruangannya lebih lega. Kalaupun ada, dana yang dikeluarkan tak main-main besarnya. Meski begitu, kini mudah saja membuat ruang dapur minimalis tampak lebih luas. Misalnya, dengan meminimalisir penataan rak-rak menyentuh lantai dan menggantinya dengan rak bumbu dapur dari kayu yang ditempel di tembok atau menggantung.
rak bumbu dapur dari kayu
foto:brilio.net
Saat ini cara yang demikian tengah menarik perhatian. Selain itu, rak dinding dapur kayu seperti ini bisa dijadikan komponen dekorasi pada ruang dapur Anda, sehingga terlihat lebih unik dan menarik. Bahkan, penataan seperti ini bisa menjadi aman untuk anak-anak agar tidak mudah menjangkau barang-barang berbahaya, seperti bumbu dapur, pisau, dan lain sebagainya.

Untuk dapat memiliki tempat bumbu dapur dari kayu menggantung ini, Anda tidak perlu membelinya. Anda bisa membuat rak dapur sendiri di rumah dengan bahan sederhana dan cara pembuatan yang tidak begitu sulit. Berikut ini kami berikan langkah demi langkah cara membuat rak bumbu dapur menggantung.

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:
•    Kayu bekas pallet (sesuai kebutuhan)
•    Sekrup
•    Paku
•    Cat kayu
•    Meteran rol
•    Rangka besi (bisa memesan dan opsional)

Alat-alat pembuat rak kayu:
•    Palu
•    Bor mesin untuk memasang sekrup pada kayu atau menempelkan rangka besi pada tembok, jika Anda menggunakan rangka besi.
•    Amplas mesin untuk menghaluskan potongan kayu pallet
•    Gergaji mesin untuk memotong kayu bekas pallet sesuai dengan kebutuhan Anda sesuai dengan desain rak

Langkah-langkah membuat rak bumbu dapur unik:

1.    Jika Anda menggunakan rangka besi, siapkan terlebih dahulu 3 rangka besi untuk menyangga rak.

2.    Pasang rangka besi ke tembok menggunakan sekrup dan bor mesin, setelah terpasang, baru kemudian kerjakan untuk kayunya.

3.    Potong-potong kayu bekas pallet sesuai ukuran yang Anda butuhkan menggunakan gergaji mesin agar proses pengerjaan menjadi lebih cepat. Jangan lupa untuk terlebih dahulu mengukur panjang kayu agar sesuai dengan tembok yang akan dipasangkan dan setiap potongan kayu menjadi sama pada setiap sisinya.

4.    Amplas setiap bagian kayu yang telah dipotong menggunakan amplas mesin. Hal ini berfungsi agar serat-serat kayu kasar tidak melukai Anda dan rak kayu menjadi lebih halus.

5.    Sambungkan setiap bagian kayu yang telah dipotong dengan menggunakan sekrup dan bor mesin. Sesuaikan sambungan kayu dengan model rak kayu yang Anda inginkan. Tambahan, jika Anda menggunakan rangka besi, bor bagian dasar atau tatakan kayu sebesar rangka besi. Rangka besi nantinya akan berfungsi sebagai penyangga rak.

6.    Sebelum tempat bumbu dapur lucu ini terpasang sempurna, jangan lupa untuk menambahkan warna pad arak dnegan mengecatnya sesuai dengan warna keinginan Anda.

7.    Setelah semua beres, masukkan rak kayu pallet bekas yang telah dibuat pada rangka besi yang sebelumnya telah terpasang, sesuaikan dengan lubang pada rak bumbu. Jika tidak menggunakan rangka besi, Anda bisa langsung menggantungkan rak bumbu pada paku.

Pembuatan rak bumbu sederhana ini dapat dilakukan sendiri di rumah. Anda juga tidak perlu membeli kayu baru untuk membuatnya, gunakan saja kayu bekas pallet yang terbuang sia-sia. Jenis rak kayu ini bisa dibuat pasang dengan dua model, yaitu model rak kayu tempel dengan perekat disertakan baut panjang dan baut fisher, satu lagi rak kayu tempel dengan menggunakan siku besi.

Pembuatan rak bumbu dari kayu tidak hanya lebih kuat, melainkan juga menambah nilai estetika tersendiri dibandingkan dengan rak bumbu dapur plastik. Selain itu, rak bumbu dengan bahan plastik lebih sulit dibersihkan. Apalagi ketika dibersihkan kerap kali menimbulkan baret yang membuat kotoran semakin menempel.

Untuk menambah nilai estetika, Anda bisa memadukan rak bumbu dapur dengan tempat bumbu dapur dari kaca. Tambahkan tulisan penanda isi tempat bumbu dapur dengan menggunakan spidol permanen dan menggunakan teknik penulisan thypography. Pasti desain ini akan membuat ruang dapur Anda semakin menarik. Meskipun kecil, dapur Anda akan terlihat menarik, unik, dan nyaman.

Post a Comment for "7 Langkah Membuat Rak Bumbu Dapur dari Kayu Bekas Pallet"