Cara Membuat Lemari Pakaian Sliding Sendiri dengan Mudah

Keberadaan lemari dalam sebuah rumah merupakan hal yang cukup krusial. Lemari memiliki fungsi utama sebagai tempat penyimpanan kebutuhan barang pakai. Tak hanya difungsikan untuk penyimpanan pakaian, lemari juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang berharga sang pemilik rumah, seperti uang, dokumen, tas, dan barang berharga lainnya. Karenanya, ada banyak variasi model lemari yang tak hanya dikhususkan untuk menunjang fungsi utamanya saja. Untuk memilikinya dengan budget yang lebih rendah, Anda bisa mencari tahu cara membuat lemari pakaian sliding yang kini tengah menjadi favorit.
Cara Membuat Lemari Pakaian Sliding
foto:desainsrumahminimalis.com
Bahan untuk Membuat Lemari Slide

Lantas, bagaimana tahapan pembuatannya? Apa saja bahan untuk membuat lemari sliding? Simak yang berikut.
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
•    Mesin bor
•    Mereteran rol
•    Sekrup
•    Wood Packs
•    Triplek
•    Rel sliding dan tempat relnya
•    Pensil

Cara Membuat Lemari Sliding

1.    Mengukur dinding yang akan digunakan untuk tempat lemari sliding door. Ukur panjang dinding dari ujung yang satu ke ujung yang lainnya. Kemudian, ukur juga tinggi lemari, apakah akan ditempatnya setinggi dinding atau menyisakan beberapa bagian di atas lemari.

Jika lemari akan sibuat dalam beberapa sekat, jangan lupa untuk mengukur pula sekat per sekatnya. Ukuran juga seberapa besar bagian untuk melari pakaian gantung.

2.    Langkah selanjutnya adalah membeli kayu sesuai dengan ukuran yang telah Anda tentukan. Usahakan untuk meminta penjual kayu untuk menghaluskan dan mengecat kayu sesuai dengan yang Anda butuhkan. Disarankan agar Anda memilih material kayu yang agak sedikit berat, karena digunakan untuk menopang banyak baju Anda. Untuk pintu sliding, jika Anda ingin menggunakan kayu yang lebih tipis, tentunya sah-sah saja. Karena pintu sliding tidak digunakan untuk menahan beban.

3.    Kemudian, mulailah membuat pola sekat lemari dengan cara mengukurnya terlebih dahulu menggunakan pensil agar lebih rapid an finishing menjadi sempurna. Buatlah garis-garis tak kasat mata sebagai penanda dibagian mana Anda akan memasangkan sekat per sekat.

4.    Setelah membuat pola sekat, Anda bisa langsung menyatukan masing-masing-masing kayu dengan menggunakan sekrup dan bor mesin. Tujuannya adalah agar penyangga lebih kuat. Pasang pula bagian paling bawah lemari sebagai penyangga dna pemisah dari lantai kamar.

5.    Setelah semua bagian sudah terisi penuh dengan sekat-sekat sesuai keinginan Anda, tempatkanlah sekat ke tembok. Rekankan dengan menggunakan sekrup dan bor mesin. Setelah rangka terbentuk, pasangkan tutup atas lemari, rekatkan menggunakan sekrup.

6.    Sebelum mengetahui cara membuat pintu geser dari triplek atau cara membuat pintu geser sederhana, pasangkan terlebih dahulu rel sliding untuk laci bagian dalam.

7.    Setelah bagian dalam sudah lengkap, kini saatnya memasang pintu sliding. Pertama, Anda harus mengetahui terlebih sahulu cara memasang rel pintu lemari sliding. Berikut ini langkah-langkah atau cara pasang rel pintu lemari geser:
-    Siapkan pintu yang terbuat dari triplek tebal yang akan dipasangkan pada rel sliding lemari pakaian. Jika ingin dicat, harus dicat terlebih dahulu sebelum dipasangkan.
-    Ukur lubang tempat memasang pintu. Tentukan ukuran lebar serta panjang untuk masing-masing pintu lemari.
-    Pasangkan jalur atau rel baru sesuai dengan panjang lemari di sisi atas lemari mengguankan bor mesin. Jangan lupa unutk membuat lubang baru dengan bor mesin dan pasangkan sekrup pada pintu dan rel. Anda harus betul-betul memastikan, bahwa sekrup tersebut masuk ke jalur, sehingga tidak menonjol dan membuat gerakan pintu terganggu. Namun, jangan juga terlalu kencang karena akan dapat membuat jalur patah.
-    Langkah selanjutnya setelah mengetahui cara pasang rel sliding lemari adalah memasangkan daun pintu pada rel bagian atas dimulai dari pintu belakang. Daun pintu telah dipasang roda yang akan masuk ke dalam halur atas. Kemudian pasangkan bagian bawah pintu bagian belakang dengan cara yang demikian sama dengan cara sebelumnya.
-    Setelah pintu bagian belakang terpasang dengan sempurna (lakukan pengecekan ulang), kemudian barulah pasang pintu kedua, yaitu pintu bagian depan. Ulangi proses pemasangan pintu pertama pada pintu kedua ini.

Jika cara membuat rel pintu geser sudah dilakukan, lemari sliding door Anda, siap digunakan!

Post a Comment for "Cara Membuat Lemari Pakaian Sliding Sendiri dengan Mudah"