Cara Membersihkan Setrika yang Lengket Secara Ampuh dan Cepat

Bagi ibu rumah tangga yang sering melakukan aktivitas setrika pakaian, alat setrika listrik sudah menjadi salah satu barang yang wajib ada di rumah. Selain membuat baju tidak kusut, menyetrika permukaan kain dengan suhu tinggi juga dapat mematikan bakteri-bakteri yang ada di permukaan serat kain. Setrika yang rutin digunakan biasanya lama kelamaan akan terasa lengket di bagian besinya. Masalah ini perlu diatasi dengan cara membersihkan setrika yang lengket dengan tepat agar setrika tetap dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Munculnya lapisan yang lengket pada permukaan besi setrika adalah hal yang wajar terjadi pada setrika yang sudah cukup lama digunakan. Rasa lengket ini bisa muncul akibat beberapa kesalahan penggunaan setrika seperti penggunaan setrika dalam suhu yang terlalu tinggi ataupun akibat kelalaian meletakkan setrika yang menyala dalam keadaan menempel pada permukaan kain atau alas setrika.
cara membersihkan setrika yang lengket
foto:wikihow.com
Apabila setrika baju lengket ini tidak segera dibersihkan maka setrika justru bisa membuat baju tetap kusut bahkan malah merusaknya karena membuat kain menjadi melekat pada setrika dan bahkan berujung gosong. Kain yang gosong ketika disetrika ini dapat memperparah lengket di besi setrika Anda karena lapisan kain yang terbakar akan ikut terbawa dan menempel di setrika.

Cara Membersihkan Setrika yang Lengket

Lapisan kerak lengket pada setrika ini bisa dicegah dengan adanya lapisan anti lengket pada setrika yang masih dalam kondisi baru. Akan tetapi, lama kelamaan lapisan anti lengket setrika juga bisa terkikis seiring makin seringnya setrika tesebut digunakan. Jika setrika di rumah Anda mengalami masalah lengket ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, yaitu :

-    Cara membersihkan setrika dengan odol

Cara ini merupakan salah satu yang paling mudah dan murah karena bahan yang digunakan hampir selalu tersedia di setiap rumah. Membersihkan setrika dengan odol ini dilakukan dalam kondisi setrika yang tidak menyala dan tidak panas. Oleskan odol langsung pada permukaan setrika yang berkerak atau gosong dan diamkan beberapa saat. Setelah beberapa menit gosoklah bagian tadi secara perlahan menggunakan sikat gigi.

Menggosok pemukaan setrika ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak menimbulkan goresan parah pada permukaannya. Setelah digosok lap bagian permukaan setrika dengan kain basah. Anda bisa mengulangi langkah ini sampai kerak pada setrika benar-benar hilang

-    Cara membersihkan setrika dengan lilin

Selain untuk menghilangkan lengket, metode ini juga efektif sebagai cara menghilangkan gosong yang ada di setrika. Cara aplikasinya adalah dengan menggosokkan lilin ke permukaan setrika yang berkerak dalam kondisi setrika dinyalakan dengan suhu tinggi. Gosokkan lilin secara merata hingga menutup seluruh permukaan setrika yang berkeral. Setelah seluruh permukaan berkerak tadi terlapisi oleh lilin selanjutnya gosokkan setrika ke kain bekas secara berulang untuk melepaskan lilin dan kerak ke kain. Ulangi menggosok setrika ke kain bersih sampai semua kerak hilang tak bersisa.

-    Cara membersihkan setrika dengan baking soda

Baking soda biasanya digunakan dalam pembuatan kue, tetapi ternyata bahan ini juga bermanfaat sebagai cara melicinkan setrika baru yang bisa dicoba di rumah. Cara penggunaannya adalah pertama-tama Anda perlu membuat pasta baking soda dengan mencampurkan baking soda dengan air pada perbandingan 1:2. Pasta tadi kemudian bisa langsung dioleskan ke permukaan setrika yang lengket dan berkerak. Setelah itu siapkan cuka dan celupkan sikat gigi ke dalam larutan cuka. Sikat yang sudah dicelup cuka tadi selanjutnya digunakan untuk menggosok permukaan. Bersihkan permukaan setrika yang sudah digosok tadi menggunakan kain lembab dan bersih. Langkah terakhirn adalah panaskan setrika dan gosok kembali setrika ke kain bersih agar semua sisa kerak bersih sempurna.

Cara-cara tadi selain dapat menghilangkan lengket pada setrika juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan gosong di setrika baju Anda. Setrika yang bersih dan bebas dari lengket tentu akan sangat mempermudah kegiatan menyetrikan harian dan membuat setrika lebih awet serta tahan lama. Gunakan setrika dengan benar, sesuaikan suhu setrika dengan jenis kain yang digunakan agar kain tidak mudah gosong dan setrika tidak mudah berkerak.

Post a Comment for "Cara Membersihkan Setrika yang Lengket Secara Ampuh dan Cepat"