Cara Membuat Lemari Dapur Sendiri di Rumah

Cara Membuat Lemari Dapur Sendiri - Lemari memiliki fungsi yang sangat penting di dalam rumah, yaitu untuk menyimpan barang-barang seperti baju, sepatu, buku-buku, bumbu dapur, dan sebagainya. Nah, karena fungsinya yang sangat penting maka di setiap rumah bahkan di hampir setiap ruangan tentu akan membutuhkan adanya lemari. Seperti misalnya lemari dapur yang akan kita bahas pada artikel ini. Seperti namanya, lemari dapur berarti tempat untuk menyimpan barang-barang atau bumbu dapur. Dengan adanya lemari dapur, tentu perlengkapan dan bumbu-bumbu dapur akan lebih tertata dan aman. Selain itu, juga bisa membuat ruangan dapur terkesan lebih rapih. Nah untuk mendapatkan lemari dapur, anda bisa membeli langsung di meubel atau membuat sendiri dengan kreasi yang sesuai dengan yang anda inginkan.
Cara Membuat Lemari Dapur Sendiri
foto:21rest.com
Jika anda tertarik untuk membuat lemari dapur sendiri, maka tepat sekali karena pada artikel ini akan dijelaskan tentang beberapa cara untuk membuat lemari dapur. Seperti yang anda ketahui bahwa di zaman yang modern ini, kreasi lemari dapur yang cantik dan unik pun semakin banyak. Ada beberapa cara untuk membuat lemari dapur, yang pertama adalah cara membuat lemari dapur gantung. Lemari dapur gantung biasanya digunakan pada ruangan dapur yang sempit dan minimalis. Untuk mendapatkan lemari dapur gantung yang cantik dan menarik, buatlah dengan ukuran yang pas dan tidak terlalu besar. Agar menarik, anda bisa memberi warna yang unik pada lemari dapur gantung anda.

Cara Membuat Lemari Dapur dari Triplek

Untuk membuat lemari dapur anda bisa menggunakan bahan dari tiplek. Cara membuat lemari dari triplek juga sangat mudah. Hal terpenting ketika anda akan membuat lemari dari triplek adalah pastikan anda memilih triplek yang kokoh dan kuat. Pasalnya,  nantinya lemari dapur akan digunakan untuk menyimpan berbagai macam makanan atau perlengkapan dapur lainnya sehingga harus triplek untuk lemari tersebut harus kuat. Begitu juga halnya ketika anda akan membuat lemari dapur dari kayu. Cara membuat lemari dapur dari kayu pun juga hal pertama yang harus anda lakukan adalah memilih kayu yang bagus dan berkualitas. Anda bisa memilih kayu jenis jati. Pasalnya, kayu jati cukup kokoh dan kuat serta lebih tahan lama.

Jika anda sudah memilih triplek atau kayu yang kuat sebagai bahan baku untuk membuat lemari dapur gantung, maka selanjutnya adalah buatlah lemari  dapur gantung yang multifungsi. Cara membuat lemari gantung dari triplek atau kayu yaitu sesudah memilih triplek yang bagus maka buatlah lemari gantung yang unik dan multifungsi agar bisa digunakan untuk menyimpan berbagai barang maupun peralatan dapur. Buatlah kreasi sedemikian rupa agar hasil lemari gantung yang dibuat bisa sebagus dan semenarik mungkin. Anda bisa membuka internet untuk mencari referensi tentang bagaimana saja desain-desain lemari gantung yang terbuat dari bahan dasar triplek. Dengan demikian, anda bisa memilih desain lemari gantung yang anda suka dan bisa mencoba sendiri untuk membuatnya.

Cara membuat lemari gantung sendiri memang tidak mudah. Dibutuhkan keahlian khusus agar pembuatan lemari gantung hasilnya lebih rapi dan kuat. Oleh sebab itu, anda membutuhkan bantuan dari orang terdekat atau yang ahli di bidang tersebut untuk membuat lemari dapur gantung. Dengan demikian, selain pekerjaan menjadi mudah dan lebih cepat, hasil lemari gantung yang diinginkan juga bisa rapih dan bagus. Akan tetapi, jika anda akan meminta bantuan kepada orang lain untuk membuat lemari gantung, buatlah koordinasi yang baik agar hasil lemari yang dibuat sesuai dengan keinginan anda.

Cara Membuat Kitchen Set di Rumah

•    Ukuran Kerangka Kitchen Set
Selain pembuatan lemari dapur untuk menambah kebutuhan dapur anda, bagi anda yang ingin memiliki dapur baru juga bisa membuat kitchen set sendiri. Untuk membuat kitchen set, pertama-tama adalah tentukan terlebih dahulu kerangka kitchen set untuk dapur anda. Cara membuat kerangka kitchen set yaitu pertama-tama ukurlah terlebih dahulu ruangan yang ada di dapur anda. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan kerangka kitchen set yang akan dibuat. Setelah melakukan pengukuran, maka anda baru bisa membuat kerangka kitchen set sesuai dengan yang anda inginkan. Tips ketika anda akan membuat kerangka kitchen set sebaiknya selain menyesuaikan ukuran ruangan dapur anda, juga sesuaikan dengan kebutuhan anda.

•    Bahan Kitchen Set
Setelah menentukan desain dari kerangka kitchen set yang akan anda buat, maka selanjutnya adalah menentukan bahan dari pembuatan kitchen set tersebut. Untuk membuat kitchen set, anda bisa membuatnya dari multiplek atau aluminium. Masing-masing tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Pilihlah sesuai dengan yang anda inginkan. Jika anda memilih multiplek, maka cara membuat kitchen set dari multiplek yang pertama adalah pilih multiplek yang memiliki kuaitas bagus yang kuat dan awet. Multiplek terbuat dari kayu sehingga suatu saat tentu akan bisa keropos. Oleh sebab itu, jika anda akan menggunakan multiplek maka pilihlah multiplek yang bagus dan awet agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Sedangkan apabila anda akan membuat kitchen set dari aluminium, maka untuk cara membuat kitchen set dari aluminium yang terpenting adalah pilih aluminium yang berkualitas dan pastikan tidak mudah berkarat. Memang hampir sama dengan menggunakan multiplek, karena yang terpenting adalah kedua bahan tersebut kuat dan bisa tahan lama. Hanya saja, jika anda membuat kitchen set dari aluminium memang akan memberikan kesan dapur yang tampak lebih elegan dan modern jika dibandingkan dengan multiplek. Namun, harganya juga akan lebih mahal jika anda menggunakan aluminium sebagai bahan untuk membuat kitchen set.

•    Proses Pemasangan Kitchen Set ke Dinding
Nah setelah anda menentukan bahan utama yang akan digunakan untuk membuat kitchen set, maka selanjutnya adalah memasangnya ke dinding. Lalu, bagaimana cara memasang kitchen set ke dinding? Mudah saja, pertama yang harus anda lakukan adalah buat kerangkanya terlebih dahulu seperti yang sudah disampaikan di atas tentang membuat kerangka kitchen set. Tentukan dahulu bagaimana desain kerangka kitchen set yang anda inginkan. Kedua, sesuaikan dengan ukuran pada ruangan dapur anda agar kerangka kitchen set yang dibuat tidak terlalu besar melebihi kapasitas ruangan maupun tidak terlalu kecil. Setelah itu, anda bisa memberikan cat atau warna terlebih dahulu pada kerangka kitchen set yang sudah anda buat agar lebih menarik. Jika kitchen set sudah jadi dengan sempurna, maka kitchen set sudah bisa dipasang ke dinding dapur anda.

Itulah beberapa informasi tentang bagaimana cara membuat lemari dapur sendiri beserta kitchen set. Sangat mudah bukan untuk membuatnya sendiri? Dengan membuat sendiri lemari maupun kitchen set untuk kebutuhan perabotan dapur anda, maka anda akan bisa menghemat pengeluaran anda jika dibandingkan dengan membelinya yang sudah jadi. Selain itu, anda juga bisa membuatnya sesuai dengan kreasi dan keinginan anda. Semoga dari informasi yang sudah disampaikan di atas dapat bermanfaat untuk anda.

Post a Comment for "Cara Membuat Lemari Dapur Sendiri di Rumah"