Cara Membuat Meja Belajar Sendiri dengan Mudah

Membuat meja belajar sendiri dapat dilakukan dengan mulai mencari bahan dan mempersiapkan peralatan atau perkakasnya. Cara membuat meja belajar sendiri dimulai dengan Anda membuat sketsa atau desain meja. Ada beberapa model atau desain untuk meja belajar, Anda bisa memilih mana yang paling cocok. Meja belajar sebaiknya memiliki laci, tempat penyimpan buku, dan jika bisa diberi tempat kaki agar nanti dapat digunakan dengan nyaman untuk belajar. Untuk mengetahui bagaimana proses membuat meja belajar sendiri, Anda bisa menyimak ulasan singkat berikut ini.

Proses Membuat Meja Belajar Sendiri
Cara Membuat Meja Belajar Sendiri
foto:sacaclavos.com
Membuat meja belajar sendiri mungkin akan lebih menghemat biaya. Supaya tidak kecewa dengan hasil buatan sendiri, beberapa hal berikut sebaiknya Anda perhatikan.

1.    Menyiapkan semua bahan
Bahan utama yang perlu dipersiapkan tentu saja adalah kayu atau bahan lain yang akan dijadikan meja, seperti triplek, kardus, atau barang bekas lainnya. Seperti yang sudah ada, beberapa orang membuat meja bukan dari kayu tetapi bahan-bahan lain. Sebelum mempelajari cara membuat belajar dari triplek atau bahan lain, yang perlu dilakukan pertama adalah mengumpulkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat meja belajar. Bahannya antara lain adalah kayu, triplek, kardus, atau bahan lain yang akan dijadikan meja. Selain bahan utama, ada bahan tambahan seperti lem, cat kayu, paku, atau skrup.

Selain menyiapkan bahan untuk membuat meja, diperlukan juga peralatan atau perkakas. Mulai dari palu, alat pengampelas kayu, pemotong atau gergaji, dan juga kuas untuk finishing meja nanti. Semua peralatan tersebut diperlukan agar Anda bisa mengikuti cara membuat meja belajar dari kardus atau dari kayu. Apabila ada yang kurang, mungkin Anda akan menemukan kesulitan dalam proses pembuatan meja belajar nanti.

2.    Membuat atau mencari desain meja belajar
Sebelum memotong-motong kayu atau bahan meja, Anda perlu menyiapkan desain meja belajar terlebih dahulu. Ini  dilakukan agar Anda bisa bekerja dengan lebih efektif dan efisien. Desain meja belajar akan menentukan langkah demi langkah dalam cara membuat meja belajar dari kayu sederhana. Anda bisa membuat prosedur atau urutan pembuatan meja dengan lebih baik dan tentunya efisien. Anda bisa mencari referensi untuk desain meja belajar di internet atau sumber informasi lainnya.

Untuk desain sebaiknya, Anda perhatikan juga dengan ukuran ruangan yang akan ditempatkan nanti. Desain perlu dibuat agar meja bisa efektif untuk belajar pada tempat yang sudah dipilih. Sedangkan untuk bagian-bagian meja, Anda bisa membuat sesuai kebuntungan. Bahkan Anda bisa membuat desain yang menarik dengan cara membuat meja belajar dari barang bekas yang ada di sekitar Anda. Seperti kardus atau barang bekas lainnya. Barang-barang yang sudah tidak terpakai tersebut bisa menjadi tambahan untuk desain meja yang lebih menarik.

3.    Membuat bagian-bagian meja
Jika bahan dan desain sudah ada, maka selanjutnya adalah membuat bagian-bagian meja. Bagian pertama yang perlu dibuat adalah papan untuk permukaan meja. Anda bisa membuat papan utama meja dengan bentuk sesuai keinginan. Bisa bentuk persegi panjang biasa, atau dibuat sedikit melengkung agar lebih menarik. Khusus untuk cara membuat meja belajar lipat anak, bagian papan dibuat lebih kecil. Ukurannya dapat diatur sendiri sesuai dengan desain yang sudah dibuat. Umumnya ukuran papan meja adalah 2 meter x 1 meter. Sedangkan untuk meja belajar lipat hanya berukuran 50 cm x 30 cm. Anda juga bisa menambahkan ukiran pada papan meja sebagai salah satu cara membuat hiasan meja belajar dan membuatnya lebih menarik.

Bagian papan utama selesai, maka Anda perlu membuat bagian kaki meja. Untuk cara membuat meja belajar sederhana Ada 4 bagian yang perlu dibuat. Untuk meja belajar desain lain, ada juga yang hanya menggunakan 1 bagian kaki meja. Biasanya model tersebut memiliki lemari kecil di samping kanan bawah sebagai tempat penyimpanan meja. Untuk meja belajar lipat, kaki yang dibuat ada 6 bagian dengan ukuran yang sama. Selain papan utama dan kaki meja, Anda juga perlu membuat bagian lain sebagai tambahan desain meja belajar. Buat papan yang akan digunakan sebagai rak penyimpanan di atas meja. Haluskan permukaan semua bagian yang sudah dibuat tadi dengan pengampelas kayu.

Untuk tambahan, Anda perlu membuat bagian keliling meja. Bentuknya lebih tipis dari kaki meja dan ukurannya sedikit lebih kecil dari permukaan meja. Papan tambahan ini untuk nanti digunakan sebagai penopang permukaan meja dan untuk menyatukan kaki meja.

4.    Memasang bagian meja
Untuk Anda yang menggunakan kardus untuk bahan meja, perlu lebih banyak lem dalam pembuatan meja belajar. Cara membuat meja belajar dari kardus bekas adalah dengan menumpuk dan menempelkan setiap tumpukan dengan lem hingga memiliki ketebalan yang diinginkan. Gunakan lem berkualitas tinggi agar dapat merekat sempurna. Bagian bawah permukaan meja dipasang dengan papan 4 papan tambahan. Gunakan paku dari bagian permukaan atas meja. Lakukan yang sama pada 3 bagian papan tambahan lainnya. Jika sudah dipaku semua dan 4 papan tambahan sudah terpasang kuat, Anda bisa balikan posisinya.

Setelah itu pasang bagian papan meja dengan kaki-kaki meja yang sudah dibuat. Oleskan lem pada ujung kaki meja dan kemudian tempel pada bagian belakang papan meja. Tambahkan sedikit tekanan agar kaki meja dapat menempel dengan kuat. Lakukan pada 3 bagian kaki meja lainnya. Untuk meja lipat, kaki meja perlu disatukan terlebih dulu sebelum dipasang ke bagian papan meja. Kaki meja yang sudah dipasang ke meja dapat diperkuat dengan memaku atau memasang sekrup pada kaki dan papan meja. Tips untuk memaku papan yang berukuran kecil, sebaiknya sudah dipersiapkan dulu lubang sekrup atau pakunya agar tidak pecah saat dipukul nanti.

Seperti proses pembuatan meja belajar biasa, cara membuat meja belajar lipat dari kayu juga dilakukan dengan memberikan lem pada kaki meja dan kemudian memasangkannya ke papan meja. Berikan tekanan, namun jangan terlalu kuat mengingat ukuran meja belajar lipat tidak terlalu besar. Meja bisa pecah kalau ditekan kuat, jadi sebaiknya dilakukan secara pelan-pelan.

Apabila kaki meja akan diberi paku, sebaiknya tidak memasang dengan arah dari papan utama meja. Anda bisa gunakan papan tambahan untuk tempat memaku kaki-kaki meja. Supaya meja kokoh dan tegak sempurna, Anda perlu memeriksa bagian siku atau yang biasa disebut sudut meja. Pastikan kaki dan papan meja membentuk sudut siku atau 90 derajat. Tambahan untuk cara membuat meja belajar lipat dinding, Anda bisa menambahkan pengait di bagian tepi permukaan meja agar nanti meja dapat digantungkan

5.    Melakukan finishing meja
Untuk langkah finishing, Anda perlu menunggu sampai semua bagian yang di lem mengering. Coba goyang-goyang meja untuk memastikan tidak miring dan posisi berdirinya tegak. Cek bagian-bagian seperti paku atau sekrup dan rapikan jika ada yang masih belum masuk sempurna. Setelah itu Anda bisa gunakan cat kayu supaya warnanya menjadi bagus. Jika perlu, gunakan pernis atau minyak tung agar meja belajar Anda terlihat lebih licin dan rapi.

Demikian proses atau cara membuat meja belajar sendiri dengan kayu, kardus, atau pun barang bekas lainnya.

Post a Comment for "Cara Membuat Meja Belajar Sendiri dengan Mudah"