Cara Membuat Meja Kompor Tanam dengan Mudah

Cara Membuat Meja Kompor Tanam - Di dalam tatanan rumah terutama pada bagian dapur, kompor adalah hal yang paling penting karena fungsinya yang digunakan untuk memasak. Ada beberapa jenis kompor yang bisa Anda pilih untuk digunakan, salah satunya adalah kompor tanam. Kompor tanam adalah kompor yang dipasang secara permanen pada meja atau tempat tertentu. Terdapat 2 jenis kompor tanam yaitu kompor tanam induksi dan kompor tanam menggunakan tabung gas.  Kompor tanam induksi yaitu kompor tanam yang bahan bakarnya menggunakan listrik. Sedangkan kompor tanam tabung gas yaitu kompor tanam yang menggunakan bahan bakar berupa gas. Dengan modelnya yang lebih simpel dan elegan, tentu akan menambah kesan mewah pada interior dapur Anda.
Cara Membuat Meja Kompor Tanam
foto:youtube.com
Selain itu, penggunaan kompor gas tanam ini juga mudah. Misalnya saja untuk cara menyalakan kompor gas tanam yaitu hampir sama seperti kompor gas pada umumnya namun lebih simpel. Adapun pada kompor gas tanam induksi, yaitu hanya perlu ditekan tombolnya saja. Nah, apakah Anda tertarik untuk membuat kompor tanam? Jika iya, langsung saja ikuti beberapa langkah untuk membuat meja kompor tanam berikut.

Cara Membuat Kompor Tanam di Rumah

•    Pilih Jenis Kompor
Langkah pertama adalah tentukan terlebih dahulu jenis kompor tanam yang akan Anda buat.  Diantara kedua jenis tersebut, tentu masing-masing ada kelebihan dan kekurangan kompor tanam baik yang induksi maupun yang menggunakan tabung gas. Kelebihan kompor tanam tabung gas adalah lebih hemat dan tampilannya yang ramping. Sedangkan kekurangan kompor tanam tabung gas adalah meskipun sudah ada fitur yang bisa mendeteksi adanya kebocoran gas, namun tetap saja ada resiko ledakan gas. Untuk kompor tanam induksi, dia memiliki kelebihan yaitu terhindar dari resiko terkena ledakan gas karena tidak menggunakan bahan bakar berupa tabung gas dan tampilannya yang lebih elegan dan mewah. Sedangkan kerugian kompor tanam induksi adalah biaya listrik yang cukup mahal sesuai dengan taraf penggunaan kompor tersebut. Apakah Anda sudah bisa menentukan pilihan kompor tanam Anda?

•    Siapkan Meja Dapur
Langkah kedua adalah siapkan meja dapur yang akan digunakan untuk dudukan kompor gas. Setelah Anda sudah bisa menentukan jenis kompor tanam yang akan dipasang, maka selanjutnya adalah menyiapkan tempat atau meja dapur yang tepat untuk ditanam kompor tersebut. Cara membuat dudukan kompor gas cukup mudah yaitu pastikan luas meja dapur yang Anda siapkan lebih besar daripada ukuran kompor gas tanam yang akan dipasang.

•    Perhatikan Ukuran
Langkah ketiga, ukurlah kompor tanam yang Anda pilih kemudian lubangi meja dapur yang Anda siapkan sesuai dengan ukuran kompor tanam tersebut. Hal itu dilakukan agar kompor yang akan ditanam sesuai, tidak terlalu sempit maupun tidak terlalu luas. Jika lubang meja untuk kompor tanam terlalu luas, maka kompor tanam pun akan mudah tergeser.

•    Pasang Kompor ke Dudukan
Langkah keempat adalah letakkan kompor gas yang akan ditanam pada lubang meja atau dudukan kompor tersebut. Pastikan ukurannya sudah sesuai agar kompot tidak mudah bergerak. Setelah itu, pasang regulator jika Anda akan memasang kompor tanam menggunakan gas. Pada tahap ini, sebaiknya Anda serahkan hal tersebut pada yang ahli di bidang memasang regulator. Hal ini dikarenakan tabung regulator cukup sensitif sehingga apabila pemasangan tabung regulator tidak hati-hati, maka akan berbahaya seperti bisa terjadi kebocoran. Langkah kelima, pada bagian bawah meja kompor atau dudukan kompor tersebut sebaiknya dikosongkan dan gunakan untuk tempat meletakkan tabung gas. Jika kelima langkah tersebut sudah selesai, maka kompor gas tanam siap digunakan. Cara pasang kompor gas tanam di atas sangat mudah, bukan?

Tips Memilih Kompor Gas Tanam

Nah, bagi Anda yang tidak sempat memiliki waktu untuk membuat sendiri kompor gas tanam, maka Anda bisa memilih opsi lain dengan membeli langsung kompor tanam tersebut kemudian memanggil seseorang yang ahli untuk memasang kompor tanam di dapur Anda. Ketika Anda akan memasang kompor gas tanam, selain  membuat dudukan atau lubang untuk kompor tersebut, tentu Anda juga harus menyiapkan kompor gas tanam yang akan dipasang. Jika Anda masih bingung untuk memilih jenis kompor gas tanam yang akan Anda gunakan, maka sebelumnya Anda bisa membaca terlebih dahulu tentang tips memilih kompor gas tana.

•    Pilih Merk yang Berkualitas
Tips pertama untuk memilih kompor gas tanam adalah pilih merk kompor gas tanam yang bagus dan awet. Setiap orang pasti ingin memiliki kompor gas yang awet dan tidak mudah rusak. Oleh karena itu, akan lebih baik jika sebelum membeli merk kompor gas tanam, Anda membaca terlebih dahulu jenis-jenis merk kompor gas tanam yang bagus. Dengan membaca, maka referensi Anda akan bertambah dan nantinya tidak akan salah dalam memilih kompor gas tanam yang bagus. Kompor gas tanam modena vs rinnai sama-sama memiliki keunggulan yang bagus dan tahan lama. Meskipun demikian, tentu ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis kompor gas tanam tersebut.

•    Kenali Ciri-Ciri Kompor Tanam yang Bagus & Awet
Tips kedua, sebaiknya ketahui terlebih dahulu ciri-ciri kompor tanam yang bagus dan awet. Hal itu dilakukan agar ketika Anda sudah mengetahui bagaimana ciri-ciri kompor tanam yang bagus, maka Anda tidak akan salah pilih. Merk kompor tanam yang bagus biasanya ia akan mengeluarkan api yang besar dan terdapat fitur yang lengkap. Pilihlah jenis kompor gas tanam yang bisa mengeluarkan api dengan besar. Hal itu dikarenakan api yang besar menAndakan merk kompor gas berkualitas. Namun apabila Anda memilih jenis kompor tanam induksi yang menggunakan listrik, maka pilihlah merk kompor tanam induksi yang bisa menghasilkan panas paling besar. Selain itu, pilih kompor gas tanam yang memiliki fitur lengkap. Dengan adanya fitur yang lengkap, maka akan memudahkan kebutuhan Anda dalam menggunakan kompor tanam tersebut.

•    Pilih Sesuai Harga
Tips terakhir adalah perhatikan harga dari masing-masing merk kompor gas tanam yang ada di toko. Pada tips ini, yang paling penting untuk Anda perhatikan adalah terkait harga yang ditawarkan. Masing-masing merk kompor tanam memang memiliki harga yang bervariasi. Namun, dengan mengetahui berapa saja harga dari masing-masing merk kompor tanam tersebut, tentu Anda akan tahu harga normalnya. Pada umumnya, kisaran harga kompor tanam bisa mencapai jutaan rupiah. Meskipun demikian, Anda bisa memilih kompor gas tanam murah dengan harga yang masih bisa terjangkau, akan tetapi Anda juga harus perhatikan tentang bagaimana kualitasnya. Hal itu mengingat bahwa sering kali harga dikaitkan dengan kualitas meskipun tidak semua merk kompor tanam berlaku demikian. Oleh sebab itu, jika budget Anda terbatas dan memilih kompor gas tanam dengan harga yang relatif lebih murah, maka Anda juga perlu selektif dengan memilih kualitas yang baik.
Demikian beberapa informasi yang bisa kami sampaikan tentang cara membuat meja kompor tanam serta tips memilih kompor gas tanam yang berkualitas. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for "Cara Membuat Meja Kompor Tanam dengan Mudah"