Cara Mengusir Tikus Curut dari Rumah dengan Umpan

Cara Mengatasi Curut di dalam Rumah
foto:viccareers.files.wordpress.com
Curut merupakan salah satu hewan yang sering dianggap hama oleh manusia. Hewan yang mirip dengan tikus ini memang selalu menyelinap ke rumah untuk mencari makanan. Curut sangat mengganggu karena bisa merusak perabot rumah bahkan bangunan untuk bisa masuk ke dalam rumah. Ada beberapa cara mengusir tikus curut dari rumah yang bisa dicoba. Mulai dari memasang umpan atau perangkap hingga menggunakan racun tikus. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah curut masuk ke dalam rumah.

Cara Mengatasi Curut di dalam Rumah
Ada banyak orang yang mengalami masalah karena kemunculan curut ini, untuk mengatasinya ada beberapa pilihan berikut yang bisa dicoba.

1.    Menggunakan perangkap tikus aman
Apabila di rumah Anda sering dimasuki tikus curut, segera gunakan perangkap tikus aman. Perangkap tikus curut ini mudah ditemukan di toko-toko. Harganya memang lebih mahal dari perangkap kawat. Perangkap tikus aman tidak akan membunuh melainkan hanya mengurungnya di dalam perangkap. Perangkap tikus aman bisa digunakan sebagai cara mengusir curut dari kamar apabila Anda tidak cukup berani untuk mengejar atau menangkapnya sendiri. Jika Anda berani, kejar curut saat Anda melihatnya menyelinap ke dalam kamar. Curut hanya akan berlarian di lantai. Jadi akan lebih mudah untuk mengetahui ke mana curut tersebut akan berlari. Mungkin untuk mengejar curut lumayan susah karena gerakannya yang cukup gesit. Anda bisa menangkapnya dengan cara menghadang di tempat yang menjadi jalan keluar curut.

2.    Menggunakan perangkap lem
Beberapa pihak memang menyebutkan bahwa perangkap lem merupakan yang paling jahat karena bisa membunuh secara perlahan. Namun perangkap lem ini bisa digunakan untuk menjebak tikus curut. Cukup dengan mengoleskan lem ke kardus dan kemudian pasang perangkap di lantai yang menjadi jalur curut. Seperti yang diketahui bahwa kelemahan tikus curut adalah tidak bisa memanjat, jadi curut ini akan lebih banyak berlarian di lantai. Mungkin untuk tikus bisa naik ke meja, kursi, atau tempat yang lebih tinggi dari lantai lainnya. Sedangkan curut hanya akan berlarian di bawah atau di lantai. Jadi lebih mudah untuk memasang jebakan curut.

3.    Menggunakan perangkap air
Ada perangkap yang bisa digunakan untuk menjebak tikus curut yaitu perangkap air. Anda bisa membuat perangkap ini sendiri dengan mudah. Hanya perlu menyiapkan ember yang diisi air. Di bagian mulut ember bisa dipasang botol yang nanti dapat berputar saat dilalui curut. Untuk umpan, Anda bisa menggunakan makanan kesukaan curut seperti selai kacang dan dioleskan ke permukaan botol. Umpan tersebut akan memancing curut mendekat dan mengambilnya. Saat curut menginjak botol, maka curut akan tergelincir dan masuk ke dalam ember berisi air. Salah satu kelemahannya yang tidak bisa memanjat, membuat curut akan terjebak di dalam ember. Cara ini tidak menyakiti tikus karena biasanya tikus tetap hidup hanya tidak bisa keluar. Anda bisa membuangnya ke tempat yang jauh atau dengan langsung memukul kepalanya agar mati.

4.    Menggunakan taburan kapur barus
Barang yang berbau cukup menyengat ini bisa digunakan untuk menghalau tikus curut masuk ke dalam rumah. Kapur barus dapat dihancurkan dan kemudian ditaburkan ke tempat-tempat yang sering dilalui tikus curut. Selain untuk menghalau tikus curut masuk, bau kapur barus cukup efektif sebagai cara menghilangkan bau curut yang begitu menyengat. Kapur barus yang sama-sama berbau menyengat akan menghilangkan bau curut di dalam rumah.

5.    Menggunakan minyak mint
Memelihara predator alami tikus curut seperti kucing banyak dilakukan orang agar rumahnya tidak dimasuki hewan bermoncong panjang tersebut. Tidak semua kucing mau mengejar dan menangkap tikus curut. Terlebih lagi tikus curut melindungi dirinya dengan cara menghasilkan bau yang tidak sedap. Kebanyakan pemangsa tidak berani mendekat apalagi memangsa curut karena bau tersebut. Bau menjadi senjata curut yang paling ampuh untuk melindungi dirinya. Namun curut juga tidak menyukai beberapa jenis bau, contohnya bau minyak mint. Hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk mencegah curut masuk ke dalam rumah. Minyak mint dapat dioleskan ke kardus dan diletakkan di tempat yang menjadi jalan masuk curut.

6.    Menggunakan potongan buah mengkudu
Tikus dan curut sering disamakan sebagai hewan pengganggu atau hama. Nyatanya dua hewan tersebut berasal dari ordo yang berbeda. Tikus merupakan hewan pengerat atau berasal dari ordo rodent. Perbedaan curut dan tikus ada pada ordo, curut bukan pengerat dan merupakan hewan dari ordo soricomorpha. Tikus dan curut juga memilki perbedaan pada ukuran dan bentuk tubuhnya. Curut lebih kecil dan mempunyai moncong yang lebih panjang dari tikus. Moncong tersebut banyak digunakan untuk mencari mangsa karena curut memiliki penglihatan yang kurang bagus. Moncong tersebut sangat kuat untuk mencium bau. Moncong tersebut juga bisa menjadi kelemahannya karena tidak tahan dengan beberapa bau. Anda bisa menggunakan buah mengkudu yang aromanya tidak disukai curut. Potong kecil-kecil dan taburkan di sekitar tempat yang dilalui curut.

7.    Menggunakan minyak cengkeh
Satu lagi aroma yang akan membuat curut kabur adalah aroma minyak cengkeh. Minyak ini bisa digunakan untuk mencegah curut kembali masuk ke dalam rumah. Hindari menyimpan sisa makanan yang menjadi makanan tikus curut pada tempat terbuka yang baunya bisa menyebar. Minyak cengkeh  dapat digunakan dengan cara dioleskan ke tempat-tempat tertentu. Bisa juga dengan menggunakannya sebagai cairan pembersih lantai. Cara tersebut mampu membuat curut enggan untuk masuk ke rumah karena ada bau cengkeh.

8.    Membasmi dengan racun tikus
Jika Anda kewalahan atau segala cara di atas tidak berhasil, maka racun tikus menjadi cara terakhir. Mungkin ini digunakan hanya untuk curut-curut yang sudah begitu banyak dan suah dikendalikan. Berhati-hati dalam menggunakan racun tikus. Gunakan sarung tangan saat Anda akan membuat umpan untuk tikus curut dengan racun tersebut. Taburi racun pada makanan yang dijadikan umpan dan kemudian taruh di tempat yang strategis. Cara ini memang paling efektif karena dapat membunuh curut yang memakan umpan tersebut. Namun perlu diketahui, curut tidak langsung mati di tempat umpan tersebut dipasang. Jadi Anda perlu mencari bangkainya agar tidak menimbulkan masalah kesehatan lain. Bangkai tikus curut yang dibiarkan akan menimbulkan aroma busuk yang mengundang lalat atau bakteri kecil mendekat. Hal tersebut bisa berbahaya, apabila lokasinya berada dekat dengan manusia.

9.    Menutup lubang dan menjaga kebersihan rumah
Tutup lubang-lubang kecil di sekitar rumah yang bisa menjadi jalan masuk curut. Bersihkan lantai dengan pembersih beraroma cengkeh atau mint sebagai cara mengusir tikus curut secara alami yang tidak berbahaya. Curut akan datang ke tempat yang ada makanannya. Makanan curut ini bisa berupa sisa makanan atau pun makanan utuh. Setiap ada aroma makanan yang disukai, curut akan datang dan mencari sampai dapat. Jika Anda tidak ingin terjadi, sebaiknya mulai jaga kebersihan rumah dan tidak membuat pancingan-pancingan untuk curut datang.

Itulah beberapa cara mengusir tikus curut dari rumah yang bisa dicoba. Beberapa cara di atas tentu bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mengatasi hewan pengganggu tersebut.

Post a Comment for "Cara Mengusir Tikus Curut dari Rumah dengan Umpan"