Terungkap, Inilah Cara Mengusir Tikus dari Rumah Paling Ampuh

Tikus merupakan hewan dengan populasi yang besar di Indonesia. Bahkan, tidak ada wacana jika tikus akan mengalami kepunahan karena populasi tikus di Indonesia terus bertambah dari waktu ke waktu. Mencari tikus tidaklah sulit. Tikus hidup di tempat yang kotor seperti selokan, sawah, kebun, dan tempat sampah. Tikus juga ditemukan di tempat-tempat yang bersih seperti rumah. Tikus yang hidup di rumah menjadi permasalahan yang pelik. Tikus kerap kali meninggalkan air kencing dan kotoran yang memiliki bau tidak sedap serta bisa memicu penyakit yang berbahaya. Menyingkirkan tikus dari rumah bukanlah perkara yang mudah. Tikus tergolong hewan yang cerdik dan lincah. Perangkap apapun yang dipasang pasti dilalui dengan mudah. Namun, tidak perlu khawatir lagi karena berikut ini ada cara mengusir tikus dari rumah paling ampuh dan dijamin tikus tidak akan kembali lagi ke rumah.
cara mengusir tikus dari rumah
foto:indimu.com

•    Racun Tikus
Cara agar rumah terhindar dari tikus yang bisa diterapkan pertama adalah memberikan racun kepada tikus. Sebenarnya, cara ngeracun tikus tergolong cara yang klasik. Namun, cara mengusir tikus yang satu ini tidak perlu diragukan lagi keampuhannya. Cara ini bisa dipraktekkan dengan menyiapkan racun tikus yang dapat dibeli di warung, toko, atau supermarket. Kemudian, buatlah perangkap untuk menangkap tikus, misalnya menggunakan makanan. Perangkap tersebut dipasang di tempat yang sering dilalui oleh tikus. Namun, perlu diketahui bahwa racun tersebut tidak membunuh tikus seketika. Dibutuhkan waktu beberapa jam untuk membunuh tikus yang sudah memakan perangkap. Biasanya bangkai tikus akan ditemukan di tempat yang jauh dari perangkap.

•    Lem Tikus
Bagian rumah yang sering menjadi habitat tikus adalah plafon rumah. Cara mengusir tikus dari plafon rumah yang paling ampuh adalah dengan lem tikus. Lem tikus merupakan obat pembasmi tikus curut yang lebih aman dibandingkan racun tikus. Langkah pertama untuk membasmi tikus di rumah dengan lem tikus adalah menyiapkan alas untuk wadah lem tikus. Alas tersebut bisa berupa papan kayu atau papan tripleks. Oleskan lem tikus di atas permukaan alas tersebut dan tambahkan makanan sebagai umpan tikus. Kemudian, tempatkan alas tersebut di tempat yang biasa dilalui tikus. Tikus yang terperangkap akan mati dengan sendirinya karena lem tikus memberikan rasa panas yang menyengat tubuh tikus.

•    Cuka
Cuka bisa digunakan sebagai cara membasmi tikus di dapur secara alami. Cara mengusir tikus dengan cuka sangatlah mudah. Siapkan satu botol cuka dan campurkan dengan 1 gelas air. Masukkan cairan tersebut ke dalam wadah semprotan. Kemudian, semprotkan cuka di tempat yang biasa dilalui oleh tikus, seperti pinggiran tembok, kolong, dan plafon rumah.

•    Kopi
Selain rasanya yang nikmat, kopi bisa dijadikan cara tradisional mengusir tikus dengan ampuh. Cara mengusir tikus dengan kopi bisa dilakukan dengan menaburkan bubuk kopi di tempat yang menjadi sarang tikus atau tempat lalu-lalang tikus, seperti plafon rumah, tepi tembok, tempat penyimpanan bahan makanan, dan kolong. Kopi memiliki bau menyengat yang tidak disukai oleh tikus. Selain itu, kopi terbukti ampuh menghilangkan bau kotoran atau air kencing tikus yang berceceran di rumah.

•    Kulit Telur
Bahan alami yang memiliki manfaat ampuh untuk membasmi tikus di rumah adalah kulit telur yang masih mentah. Hal ini dikarenakan kulit telur memiliki bau amis yang bisa menyingkirkan tikus dari rumah. Cara mengusir tikus dengan kulit telur bisa dilakukan dengan meletakkan kulit telur di sarang tikus, sudut ruangan, plafon rumah, dan kolong.

•    Kapur Barus
Kapur barus biasanya digunakan untuk mengharumkan lemari dan ruangan. Namun, kapur barus merupakan racun tikus alami yang mematikan. Tikus yang tinggal di rumah bisa disingkirkan dengan mudah dengan menggunakan kapur barus. Cara menyingkirkan tikus di rumah dengan kapur barus sangatlah mudah. Letakkan saja beberapa butir kapur barus di sudut ruangan yang sering dijangkau oleh tikus. Kapur barus mengandung bahan kimia yang dapat melemahkan sistem saraf tikus. Sehingga, tikus yang terkena kapur barus akan mati secara perlahan. Namun, berhati-hatilah dalam menggunakan kapur barus sebagai racun tikus. Pastikan tangan tidak menyentuh kapur barus. Selain itu, jauhkan kapur barus dari jangkauan anak-anak.

•    Cengkeh
Cengkeh merupakan rempah-rempah asli Indonesia yang biasa digunakan sebagai bumbu masak dan campuran rokok. Di dalam setiap biji cengkeh terkandung minyak esensial yang wanginya tidak disukai oleh tikus. Tikus bisa langsung menyingkir jika mencium bau cengkeh. Cara membasmi tikus dengan cengkeh dilakukan dengan menaburkan bubuk cengkeh di sepanjang jalur yang biasa dilewati oleh tikus.

Selain dalam bentuk bubuk, cengkeh yang sudah diekstraksi menjadi minyak bisa digunakan untuk mengusir tikus dari rumah. Celupkan saja kapas ke dalam minyak cengkeh. Kemudian, letakkan kapas tersebut ke setiap sudut rumah, terutama tempat yang menjadi sarang tikus.

•    Bawang Merah
Bawang merah memiliki aroma yang menyengat dan membuat mata perih. Oleh karena itu, bawang merah bisa digunakan untuk mengusir tikus dari rumah. Cukup letakkan irisan bawang merah yang masih segar di sarang tikus. Aroma bawang merah yang menyengat membuat tikus menjauh dan pergi dari rumah.

•    Baking Soda
Baking soda adalah bahan yang paling tepat untuk membunuh tikus secara alami dan ampuh, tetapi tidak sadis. Hal ini dikarenakan tikus tidak bisa muntah atau bersendawa. Sehingga, jika tikus menelan baking soda, perutnya akan dipenuhi oleh gas yang tidak bisa dikeluarkan. Kemudian, tikus akan mati secara perlahan.

Cara untuk menyingkirkan tikus dengan baking soda adalah dengan cara melarutkan baking soda dengan air. Kemudian, gunakan cairan tersebut untuk merendam makanan yang akan digunakan sebagai umpan. Letakkan makanan yang sudah direndam cairan baking soda di tempat yang sering dikunjungi oleh tikus. Selain itu, semprotkan cairan baking soda di tempat-tempat yang menjadi sarang tikus seperti plafon rumah, pipa, selokan, tempat sampah, dan kolong.

•    Minyak Peppermint
Aroma segar yang terkandung di dalam minyak peppermint merupakan racun yang paling ampuh untuk membunuh tikus. Hal ini dikarenakan tikus tidak suka aroma tajam yang dihasilkan oleh minyak peppermint. Cara penggunaan minyak peppermint sebagai racun tikus adalah dengan membalurkan ke tempat persembunyian tikus. Atau, letakkan kapas yang sudah direndam ke dalam minyak peppermint ke tempat yang biasa dilalui oleh tikus. Aroma dari minyak peppermint bisa membuat tikus mabuk dan mati secara perlahan.

Selain menggunakan bahan-bahan di atas, ada juga cara membasmi tikus dengan bensin. Cara mengusir tikus dari rumah paling ampuh adalah dengan memelihara kucing yang notabene adalah musuh abadi tikus. Kucing memiliki indra penciuman dan insting perburuan yang tajam. Sehingga, kucing bisa mendeteksi tempat persembunyian tikus dengan mudah dan langsung memangsa tikus yang ditemukan. Selain kucing, hewan yang bisa mengusir tikus dengan mudah adalah jangkrik. Jangkrik memiliki suara yang sangat mengganggu tikus.

Post a Comment for "Terungkap, Inilah Cara Mengusir Tikus dari Rumah Paling Ampuh"