Cara Mengusir Laba Laba yang Aman Dan Ampuh

Saat beraktivitas, tentu kita sering sekali melihat serangga, khususnya laba-laba. Hewan yang satu ini memang hampir seringkali muncul dan tinggal di sekitar kita. Bahkan, tak jarang hewan ini membuat sarang dan menetap dirumah kita seperti di dekat jendela, langit-langit rumah, gudang, dan lainnya. Pada umumnya, laba-laba tidak terlalu bahaya bagi manusia. Namun, keberadaan hewan ini tentu terkadang mengganggu aktifitas kita. Bagi Anda yang juga tergangganggu dengan hewan ini, berikut kamu berikan beberapa cara mengusir laba laba yang efektif. Namun, sebelum membasmi hewan kecil ini dari rumah Anda, simaklah beberapa fakta tentang laba-laba berikut ini.
Cara Mengusir Laba Laba
foto : tekno.tempo.co

Fakta dan Mitos Mengenai Laba-laba

1. Laba-laba sebenarnya lebih takut dengan manusia.
2. Pada dasarnya, kebanyakan jenis laba laba rumah umumnya tidak mengganggu dan berbahaya. Mereka termasuk hewan yang jarang menyengat atau menggigit ketika tidak diganggu.
3. Laba-laba tak hanya mengandalkan jarring untuk menangkap mangsanya. Tapi, hewan ini juga bisa melompat dari sarang untuk menangkap buruannya.
4. Dari 34 ribu jeni laba-laba, hanya beberapa puluh spesies yang bisa membahayakan manusia.
5. Jenis laba-laba tarantula adalah yang termasuk bahaya. Mereka memiliki bisa dan racun yang dapat mematikan hewan lain seperti ular kecil, kadal, burung, dan tikus. Tarantula umumnya tinggal di padang rumput, padang pasir, padang savannah, pegunungan, dan hutan tropis.
6. Musuh terbesar laba-laba yaitu tawon betina. Saat menyengat, tawon betina bisa langsung melumpuhkan laba-laba hingga mati.
7. Laba-laba rumah bisa mati hanya dengan di pindahkan ke area luar rumah.

Selain fakta mengenai laba-laba, kami juga memiliki beberapa mitos yang menyangkut hewan ini. Arti laba laba masuk kamar sering sekali membuat membuat masyarakat mengaitkan dengan kejadian tertentu. Hal ini pun akhirnya berlanjut dan menjadi sebuah mitos yang dipercaya banyak orang. Banyak orang yang menyampaikan arti melihat laba laba di malam hari yaitu orang tersebut akan mendapatkan kebahagiaan. Namun, di Jepang, masyarakat sana percaya bahwa laba-laba di malam hari adalah jelmaan iblis.  Selain itu, ada juga mitos lain jika melihat di pagi hari berarti orang itu akan melihat kematian di sekitar mereka.

Laba-laba pada umumnya memiliki kaki delapan. Meskipun begitu, jika kaki mereka hilang atau patah satu, mereka tetap bisa berjalan dan hidup. Namun, kondisi ini banyak diartikan lain oleh sebagian orang. Bahkan, muncul mitos laba laba berkaki 7 yang mengartikan bahwa siapapun yang melihat laba-laba ini, orang tersebut bisa mendapat gangguan tidur. Saat tidur, mereka bisa terkena sleep paralysis, atau tertindih sesuati yang tak terlihat. Di zaman nabi, hal ini merupakan tanda adanya gangguan jin. Meskipun begitu, mitos laba laba berkaki ganjil belum diketahui benar atau tidaknya. Yang jelas, jika Anda memang terganggu dengan kemunculan laba-laba, Anda bisa usir mereka dengan cara berikut ini.

Cara Mengusir Laba-Laba Dari Rumah

1. Menggunakan Vacum Cleaner
Cara pertama untuk menghilangkan laba-laba adalah dengan cara menyedot laba-laba sekaligus sarangnya dengan vacuum cleaner. Ini merupakan cara yang paling mudah dan ampuh untuk membasmi mereka dalam sekejap. Tak hanya laba-laba dan sarangnya, vacuum cleaner juga bisa menyingkirkan telur yang berada di sarang tersebut. Dengan begitu, laba-laba tidak akan muncul lagi dirumah Anda.

2. Penggunaan Insektisida

Selain vacuum cleaner, ada juga insektisida untuk membasmi laba laba. Semprotkanlah pestisida yang bisa membunuh serangga di sekitar rumah Anda. Pada umumnya, pestisida ini mengandung pythroidke. Ini merupakan zat kimia yang berasal dari piretrum. Saat menggunkan insektisida, ikutilah bagaimana petunjuk penggunaannya dengan hati-hati sehingga keluarga Anda tidak keracunan. Cairan ini biasanya hanya berfungsi jika laba-laba melewati bekas semprotan insektisida.

3. Pemberian Racun dan Pestisida
Selain insektisida, ada juga racun pembasmi laba laba yang ampuh untuk membunuh laba-laba. Aplikasikanlah di tempat-tempat yang sering ditempati atau dilewati laba-laba. Nantinya, laba-laba yang melewati lem tersenut akan terperangkap dan terjebak di sana. Selain racun, Anda mungkin juga bisa membeli pestisida pembasmi serangga yang banyak dijual di supermarket. Sempotkanlah di lokasi yang terdapat banyak laba-laba. Saat menggunakan pestisida, sebaiknya berhati-hati karena zat ini mengandung racun.

4. Membuat Ramuan Alami
Cara membunuh laba laba ternyata bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami yang tentunya aman bagi keluarga. Berikut bebepa resep ramuan untuk membasmi  laba-laba
- Kayu Manis
Taburkan bubuk kayuk manis di area yang ditempati / dilalui laba-laba. Aroma kayu manis sangat menyengat dan membuat laba-laba tidak ingin mendatangi tempat tersebut.
- Asam Cuka
Campur beberapa cuka dengan air di dalam botol semprot. Kocok hingga kedua cairan menyatu, lalu semprotkan di segala sudut rumah yang terdapat laba-laba.
- Minyak Pepermint
Campur dua sendok minyak peppermint dengan satu gelas air ke dalam botol semprot. Semprotkan cairan ini pada semua area rumah yang sering terdapat laba-laba.
- Baking Soda
Taburkan baking soda di sudut-sudut rumah Anda. Laba-laba benci dengan bau baking soda. Dengan begitu, ini bisa membuat laba-laba menghindari masuk atau tinggal di rumah Anda.

5. Sewa Jasa Pembasmi Laba-laba
Hal ini sebenarnya bisa dilakukan jika jumlah laba-laba yang ada di rumah Anda cukup banyak dan sulit dibasmi. Para pembasmi hama professional ini nantinya akan menggunakan pestisida khusus yang dapat mematikan laba-laba dalam jumlah banyak dengan cepat.

6. Membersihkan Sarang Laba-laba hingga tuntas
Seperti yang kita ketahui, sarang laba-laba merupakan tempat dimana laba-laba tingga, bereproduksi, bertelur, makan, dan lainnya. Segala aktivitas mereka hampir dilakukan di sarang tersebut. dengan begitu, Anda harus membersihkannya dan mencari cara agar laba laba tidak bersarang. Laba-laba sangat senang tingga dirumah yang kotor dan jarang sekali dibersihkan. Tak hanya itu, rumah yang sangat berantakan juga menjadi pemicu laba-laba muncul dan bersarang. Jadi, arti rumah banyak sarang laba laba menandakan rumah Anda kotor, berantakan, dan kurang terawatt. Untuk itu, cobalah cara berikut ini agar laba-laba tidak tinggal dan bersarang dirumah Anda.

- Buang Barang Yang Tidak Digunakan
Singkirkanlah furniture yang sudah tua dan tidak terawat. Hindari menaruh barang di bawah tempat tidur atau kolong lainnya. Laba-laba sangat suka tempat gelap untuk tinggal. Jadi, hindari menumpuk banyak barang di kolong meja, ranjang, dan lainnya. Buanglah timbunan kertas, kaleng, botol, dan lainnya guna menghindari mereka tinggal di barang tersebut.
- Tata Barang Dengan Rapih
Laba-laba umumnya senang tinggal di tempat nyaman dan gelap seperti kotak sepatu, tas, dan lainnya. Jika Anda suka menyimpan barang di kotak, taruhlah kotak-kotak tersebut di rak sehingga sulit terjangkau.
- Bersihkan rumah
Rumah yang sering dibersihkan tentu akan terhindar dari sarang laba-laba. Jadi, pastikan Anda bersihkan rumah denga teratur. Laba-laba sangat senang tinggal di langit-langit, jadi bersihkanlah setiap minggu dengan alat pembersih sarang laba-laba

Nah, itu dia beberapa cara ampuh untuk mengusir laba-laba dari rumah Anda. Sebenarnya, laba-laba yang tinggal dirumah tidaklah bahaya bagi manusia. Bahkan, mereka bisa membantu kita membasmi hama serangga lainnya. Tapi, rumah yang terdapat laba-laba tentu terlihat tidak nyaman dan bersih. Oleh karena itu, Anda bisa lakukan cara diatas untuk mengusirnya.

Post a Comment for "Cara Mengusir Laba Laba yang Aman Dan Ampuh"