Penggunaan Kitchen Set Sederhana untuk Dapur Kecil

Terbatasnya lahan yang ada saat ini membuat banyak rumah-rumah dibangun di atas lahan yang  sempit. Ukuran rumah yang sempit ini tentu berakibat pada ukuran ruangan-ruangan di dalamnya yang juga terbatas, termasuk dapur. Meskipun ukurannya terbatas, sebaiknya dapur tetap memiliki komponen-komponen penting yang mendukung aktivitas masak-memasak di rumah. Penggunaan kitchen set sederhana untuk dapur kecil banyak dipilih oleh orang-orang dengan luasan dapur yang tidak seberapa. Anda tidak perlu pusing jika memiliki dapur kecil karena masih ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyiasatinya.
kitchen set sederhana untuk dapur kecil
foto:minimalisxrumah.com
Apabila Anda memiliki dapur kecil dan budget yang terbatas untuk menata dapur, Anda bisa menggunakan desain dapur sederhana tanpa kitchen set. Desain dapur sederhana dan murah ini hanya terdiri dari meja dapur, tempat cuci piring dan mungkin bisa juga dilengkapi dengan lemari-lemari di bawah meja dapur. Walaupun berupa model dapur sederhana sekali, dapur tanpa kitchen set ini tetapi dapat berfungsi dengan baik karena komponen-komponen utama di dalamnya sudah tersedia.

Desain Kitchen Set untuk Dapur Kecil

Selain model dapur tanpa kithen set, Anda juga tetap dapat menyiasati dapur kecil sederhana dengan cara menata dapur ukuran kecil yang tepat. Luasan yang sempit tetap dapat terasa luas dengan trik penataan dan kitchen set yang dibuat khusus untuk desain dapur mungil minimalis. Berikut ini beberapa model kitchen set yang bisa diterapkan untuk dapur yang relatif sempit:

- Kitchen set bentuk letter L
Kitchen set ini dibuat dengan bentuk menyiku membentuk seperti huruf L. Model ini bisa diterapkan di ruangan dapur yang besar maupun sempit. Kitchen set bentuk letter L ini cocok dijadikan desain dapur minimalis 3x3 meter. Anda bisa memaksimalkan ruang yang ada dengan membuat lemari-lemari penyimpanan di bagian atas dan bawah dari meja kitchen set Anda.

- Kitchen set bentuk lurus memanjang
Model ini adalah model kitchen set yang bisa dikatakan sangat sederhana, yaitu hanya dibuat lurus memanjang. Model ini sangat cocok digunakan pada dapur mungil karena tidak memakan banyak tempat. Model ini bisa diterapkan untuk desain dapur kecil ukuran 2x2 m. Anda bisa meletakkan kitchen set memanjang di salah satu sisi ruangan dengan membiarkan sisi lainnya kosong untuk pergerakan Anda selama berada di dapur.

- Kitchen set berbentuk letter U
Model kitchen set yang satu ini bisa digunakan pada dapur berukuran kecil maupun besar. Akan tetapi model ini sebaiknya hanya digunakan jika ruangan dapur Anda berbentuk persegi agar tetap tersedia ruang yang cukup untuk mobilitas Anda selama beraktivitas di dapur. Kitchen set model U dibuat mengelilingi 3 sisi ruangan dapur. Model ini bisa menyediakan banyak tempat penyimpanan barang sehingga tidak banyak peralatan makan maupun memasak yang tercecer.

Tips Menata Dapur Kecil

Selain pemilihan model kitchen set yang sesuai dengan ukuran ruangan, pemilihan warna dan penataan isi dapur juga memainkan peranan yang sangat penting dalam membuat dapur sempit terasa lebih lapang. Ada beberapa tips menata dapur yang bisa membuat dapur terasa lebih luas dan nyaman, diantaranya :

- Pergunakan warna-warna terang dan cerah
Seperti sudah banyak diketahui bahwa warna terang akan memberikan kesan lebih luas dan besar sedangkan penggunaan warna gelap untuk ruangan akan membuat ruangan terasa semakin sempit. Penggunaan warna-warna cerah untuk dinding maupun kitchen set akan membuat dapur terasa lebih lega. Anda bisa menggunakan warna putih, krem atau warna-warna pastel muda lainnya. Warna-warna ini selain membuat ruangan terasa lebih luas juga memberikan kenyamanan tersendiri ketika dipandang.

- Letakkan peralatan dapur yang benar-benar digunakan saja
Dapur yang mungil akan terasa semakin sempit jika ada banyak barang yang diletakkan di dalamnya. Oleh karena itu penting untuk menjaga kebersihan meja dapur dari barang-barang yang sekiranya jarang digunakan. Meja yang kosong tanpa adanya terlalu banyak barang dapat membuat ruangan tidak terasa sempit dan sesak.

- Pasang cermin di bagian dinding
Cermin dapat memberikan efek ruangan terasa lebih luas dengan pantulan ruangan yang diperlihatkannya. Adanya cermin ini bisa memberikan efek ruangan menjadi 2 kali lipat lebih besar dibandingkan ukuran aslinya.

Post a Comment for "Penggunaan Kitchen Set Sederhana untuk Dapur Kecil"