Cara Membuat Talang Air dari Seng di Rumah

Fungsi talang air adalah menampung air hujan yang mengalir melewati atap agar tidak langsung jatuh. Air ditampung melalui suatu saluran dan dialirkan ke tempat pembuangan air. Hal ini membuat tidak ada air deras yang turun akibat air yang mengalir dari atap. Bagian luar rumah pun akan terhindar dari genangan akibat air yang mengalir dari atap. Ada banyak jenis talang yang dijual di pasaran, mulai dari yang berbahan plastik sampai dengan seng. Selain membeli talang air jadi, Anda juga dapat membuat sendiri talang rumah Anda dengan bahan seng atau pipa plastik. Cara membuat talang air dari seng cukup sederhana sehingga dapat Anda lakukan sendiri di rumah dengan mengikuti tutorial saja.
Cara membuat talang air dari seng
foto:steelindonesia.com
Cara Membuat Talang Air

Setelah rumah atau bangunan berdiri, ada beberapa hal tambahan yang perlu dibuat agar rumah atau bangunan menjadi sempurna. Salah satu tambahan yang diperlukan adalah talang. Ya, talang air merupakan salah satu tambahan pada bangunan yang membuat rumah menjadi tampak sempurna. Walaupun tanpa talang, rumah dapat menjalankan fungsinya dengan baik, namun, keberadaan membuat fungsi rumah menjadi sempurna.

Nah, bagi Anda yang berniat untuk membuat talang air Anda sendiri, berikut cara membuat talang air dari seng yang dapat Anda ikuti.
1.    Siapkan bahan berupa lembaran seng yang tidak bergelombang.
2.    Ukur panjang atap yang ingin diberi talang.
3.    Ukur panjang seng yang akan digunakan sesuai dengan panjang atap.
4.    Ukur lebar dan tinggi talang sesuai kebutuhan, jangan lupa untuk memberi tanda.
5.    Potong sesuai dengan ukuran dengan gunting seng.
6.    Lipat seng sesuai dengan tanda sehingga membentuk balok persegi panjang dengan bagian atas yang terbuka. Cara melipat talang seng dapat menggunakan tang dan alat bantu lain agar lebih rapi.
7.    Jika talang tidak cukup panjang, Anda bisa menyambungnya. Cara menyambung talang seng dapat dilakukan dengan menumpuk talang.
8.    Berikan pelapis anti bocor terutama pada bagian sambungan agar talang lebih tahan lama.
9.    Beri lubang di bagian ujung untuk menjadi jalan air mengalir melalui pipa yang disambung secara vertikal.

Sebenarnya, bagi Anda yang menyukai hal-hal berbau crafting dan menyukai membuat sendiri barang-barang Anda, Anda bisa menggunakan bahan lain untuk menjadi talang. Salah sat bahan yang cocok digunakan sebagai talang air adalah pipa. Cara membuat talang air dari pipa paralon cukup mudah, hanya perlu memotong pipa menjadi dua bagian dan memasangnya sebagai talang air. Begitu pula dengan cara membuat talang air dari pipa pvc yang kurang lebih sama. Hal yang menjadi pembeda adalah kekuatan bahan pvc dan paralon biasa. Kelebihan talang jenis ini tentunya ada pada kemudahan pembuatannya. Anda hanya perlu memotongnya saja. Namun, kekurangannya adalah ukurannya yang tidak dapat kita sesuaikan dengan mudah karena pipa memiliki ukuran yang fix. Berbeda dengan talang air seng yang ukurannya dapat disesuaikan dengan mudah.

Selain dari pipa, talang air juga dapat dibuat dari beton. Cara membuat talang air beton biasanya bersamaan dengan pembangunan rumah. Kelebihan talang air jenis ini adalah keawetannya. Talang beton akan jauh lebih awet dibandingkan bahan plastik terutama karena ketahanannya terhadap sinar matahari dan cuaca ekstrem.  Model talang air rumah bervariasi tergantung keperluan dan kesukaan Anda. Talang seng galvalum dapat dipilih sesuai dengan model rumah. Talang air rumah minimalis biasanya menggunakan jenis talang yang lebih sederhana dan tidak memiliki banyak detail.

Bagi Anda yang ingin membuat talang air Anda sendiri, cara membuat talang air dari seng di atas dapat menjadi panduan Anda. Model dan bentuk dapat Anda sesuaikan dengan kondisi serta bentuk rumah Anda. Selain bahan seng, seperti yang telah diulas di atas, Anda juga dapat menggunakan bahan lain seperti pipa plastik dan beton. Lakukan pengukuran yang teliti agar ukuran talang yang Anda buat sesuai dengan kondisi rumah Anda. Pastikan juga perkiraan kapasitas air saat hujan turun sehingga Anda bisa membuat talang air dengan ukuran yang pas.

Post a Comment for "Cara Membuat Talang Air dari Seng di Rumah"