Cara Membuat Cat Tembok Berkualitas Tinggi Sendiri

Anda ingin membuat tampilan bangunan lebih cantik? Cat tembok adalah solusinya. Bangunan lama akan tampak baru hanya dengan melakukan pengecatan ulang saja. Tidak heran jika cat menjadi salah satu keperluan finishing bangunan yang sangat penting. Ada beragam jenis cat yang diperuntukkan untuk tujuan yang berbeda-beda. Ada cat tembok khusus dalam ruangan, ada cat tembok luar ruangan, ada cat tembok anti air, dan banyak jenis cat tembok lainnya. Selain dapat dijumpai di toko, cat tembok ternyata juga dapat Anda buat sendiri. Kita tahu bahwa cat tembok memiliki harga yang cukup menguras kantong. Apalagi jika Anda menginginkan cat tembok yang berkualitas. Nah, bagi Anda yang ingin melakukan sedikit penghematan, Anda bisa membuat car tembok Anda sendiri. Bagaimana caranya? Cara membuat cat tembok berkualitas tinggi dibahas pada ulasan berikut ini.
Cara membuat cat tembok berkualitas tinggi
foto:tentang-cat.blogspot.co.id

Cara membuat cat tembok mengkilap ternyata bisa kita lakukan sendiri. Banyak orang penasaran mengenai bagaimana caranya dan apa saja bahannya. Bahan pembuat cat memang memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kualitas cat selain teknik pembuatan. Pemilihan bahan yang tepat dengan formula yang tepat akan menghasilkan kualitas yang sesuai harapan. Jika Anda bisa mengetahui cara membuat cat tembok kiloan, tentunya akan sangat menguntungkan bukan? Nah, sebelum mengetahui caranya, tentunya kita harus mengetahui bahan apa saja yang dibutuhkan. Bahan baku pertama dapat Anda pilih antara full acrylic, vinyl acrylic, maupun styrene acrylic. Perbedaan bahan baku disesuaikan dengan fungsinya. Untuk penggunaan di dalam dan di luar rumah, bahan full acrylic dan styrene acrylic dapat digunakan. Untuk bahan baku vinyl acrylic biasanya hanya diperuntukkan pada penggunaan di dalam bangunan saja.

Cara Membuat Cat Tembok Berkualitas Tinggi

Cat tembok yang tidak luntur tentunya menjadi prioritas dalam pembuatan cat. Cat yang tidak luntur menAndakan kualitas cat tersebut cukup baik. Untuk membuat cat yang baik, kita tentunya perlu mengetahui cara membuat cat tembok tahan air yang baik pula. Dalam pembuatannya, cara membuat cat tembok acrylic ini perlu perhatian khusus di beberapa bidang. Cara membuat cat tembok exterior dan interior sebenarnya mirip, hanya saja berbeda bahan baku yang digunakan. Pembuatan cat tembok yang dapat kita lakukan sendiri di rumah adalah cara membuat cat tembok oplosan. Cara ini dugunakan untuk meningkatkan kualitas cat tembok tanpa membuang banyak uang. Adapun caranya sebagai berikut.
-    Bahan:
1.    Wadah bertutup (bisa ember atau semacamnya) 2 buah
2.    Pengaduk
3.    Cat anti air  1 kg
4.    Cat tembok 5 kg
5.    Plamur 1 kg
6.    Air 2 L

-    Cara:
1.    Tuang cat anti air ke dalam wadah.
2.    Lakukan penambahan cat tembok dengan cara perlahan sambil dilakukan pengadukan agar cat dapat tercampur sempurna.
3.    Tutup wadah dengan rapat.
4.    Buat campuran plamur dengan air. Aduk sampai campuran memiliki tekstur yang kental.
5.    Saat akan dipakai, tuangkan campuran cat dan campuran plamur tadi dengan perbandingan cat dibanding plamur 2:1.
6.    Lakukan pengadukan sampai merata sebelum digunakan untuk mengecat.

Nah, untuk memberikan warna yang kuat, Anda bisa menambahkan pewarna pada cat tembok Anda. Nama pewarna cat tembok tersebut tidak spesifik, Anda bisa temukan di pasaran dengan mudah. Pewarna tersebut memiliki jenis tinta pigmen yang memberikan warna menawan saat digunakan. Untuk warna-warna yang cantik dan berbeda, Anda bisa melakukan pencampuran warna dengan perbandingan tertentu. Anda bisa mencari perpaduan warna yang tepat dengan perbandingan warna dasar tertentu.

Itu tadi ulasan mengenai pembuatan cat tembok dan bahan baku apa yang diperuntukkan untuk pembuatan cat tembok. Tidak ada salahnya melakukan pengoplosan cat untuk Anda gunakan sendiri. Selain menghemat, cara ini juga dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan kualitas cat dengan mudah. Cara membuat cat tembok berkualitas tinggi dapat Anda jadikan solusi. Cara oplosan tersebut sangat mudah dilakukan sehingga siapa saja dapat dengan mudah membuatnya. Bahan dan alatnya pun mudah di dapatkan, bahkan, beberapa diantaranya mungkin kita miliki di rumah.

Post a Comment for "Cara Membuat Cat Tembok Berkualitas Tinggi Sendiri"